What goes around comes around..

Share: Basketball Hand Book


Batu Penjuru..

“A handbook is a type of reference work, or other collection of instructions, that is intended to provide ready reference .” Kurang lebih begitulah definisi dari judul di atas menurut “Mbah Wiki”. Agar selalu siap dengan referensi yang akan kita jadikan acuan, tiap pelatih hendaknya sudah punya “Hand Book” ini. Ini juga yang menjadi alasan sederhana kenapa hampir di setiap penataran atau penyegaran pelatih kita harus mengumpulkan Buku pegangan masing-masing ini. Lalu apa isi buku tulisan tangan kita ini?

Selalu akan ada tiga aspek yang harus dibangun dalam tiap pembentukan sebuah tim Bolabasket, mental, teknik dan fisik. Dan saya pikir di sini di blog ini lebih baik bahas yang paling tengah saja atau saya mau berbagi sedikit tentang gambaran umum teknik di buku lengan pribadi.

Defense

Tentukan pertahanan apa yang kita paling suka dan paling masuk logika pribadi untuk kita terapkan pada tim. Catat semua pergerakan dan rotasi baku pemain dengan beberapa situasinya. Yang dimaksud dengan beberapa situasinya adalah, fisik pemain (tinggi badan, besar badan) dan kemampuan geraknya (si A lebih cepat dari si B). Sehingga ada aturan baku yang akan sedikit kita utak-utak atau juga akan kita utik-utik. Gak usah terlalu kaku lah, titik, tik,tik..

Catat juga semua printilan unit latihannya (break down) sesuai dengan sistem jaga yang kita percaya. Hampir tidak mungkin kalau di Buku tangan kita tidak ada gambar diagram pergerakannya dan siapa orangnya. Tulis dan gambar sedetil mungkin, hingga saat kita bingung tinggal kembali ke buku ini.

Di buku ini juga akan kita pastikan mana yang akan menjadi dasar dari pertahanan kita. Mana yang akan kita lebih banyak gunakan di pertandingan. Misalnya kalau kita pikir pertahanan man to man akan sering kita terapkan, pastinya pertahanan ini juga yang akan lebih banyak kita latih dibanding model satunya atau model penjagaan daerah (zone defense). Hal yang sama sebaliknya bila kita akan lebih sering melakukan penjagaan daerah.

Transisi Offense

Setelah melakukan pertahanan (kemasukan atau turn over lawan dan defensive rebound) kita mau ada sebuah jalur atau cara untuk langsung menyerang dan atau menginisiasikan sebuah serangan cepat. Transisi serangan yang baik akan sering tercipta dari pertahanan yang agresif, punya pemain handal dalam melakukan rebound, outlet passer yang baik, pemain sayap yang berlari cepat mengisi jalurnya dan guard yang cerdas memimpin fast break dengan segala kemungkinannya yang berkembang saat transisi ini.

Secanggih-canggihnya materi pemain dengan skill set yang paling atas sekalipun akan tetap lebih baik tim yang punya gerakan baku dalam pengisian jalur serangan cepat. Rancang sedemikian rupa atau paling gampang contek saja dari berbagai sumber di situs-situs Bolabasket yang ada.

Catat dan siapkan juga pergerakan untuk membebaskan tim dari tekanan satu lapangan (press breaker) dari lawan. Tim akan berantakan kalau kita tidak siapkan mereka dengan sebuah press breaker yang sesuai. Kita mau menciptakan angka di bawah basket kalau lawan menekan dengan press / trap!

Tetapi sekali lagi idenya adalah semua pemain dalam satu tim akan tahu apa yang harus mereka lakukan pada sebuah kesempatan membangun serangan cepat. Tentukan juga 2nd break setelah serangan cepatnya, hingga kalau tidak ada lay up tercipta tim akan tetap bisa menekan menyerang dengan pergerakan yang berkesinambungan mengiringi sesudah serangan cepat.

Break down acara latihan ini paling enak kita pakai untuk acara warming up tuk memulai sebuah latihan. Jadi sambil pemanasan pemain akan mengingat dan terbiasa dengan pergerakan baku yang disepakati bersama untuk inisiasi serangan cepat.

Set Offense

Tuangkan dalam buku andalan kita ini sebuah serangan yang paling sederhana untuk dimengerti oleh pemain dan model pemain yang ada di tim kita. Siapkan model serangan apa yang akan kita pakai kalau lawan menjaga kita dengan man to man atau dengan zone. Minimalkan jumlah model serangan, maksimalkan opsi serangan dari sebuah model. Saya tidak begitu percaya dengan model serangan yang beragam tapi tidak detil apik dan hanya sekenanya saja.

Biasanya saya catat satu serangan shuffle/motion (pergerakan yang sama di sisi kanan maupun kiri dan bisa berlanjut terus sampai lawan lengah) dan dua model serangan berikut ribuan opsinya yang dibahas rinci di persiapan. Gambar detil sebuah serangan yang dimulai dari side line atau base line (untuk zone dan man def.). Bingung? Kembali lagi buka buku panduan kita, sangat membantu, bukan?

Transisi Defense

Apa yang kita percaya untuk dilakukan oleh pemain saat sebuah serangan gagal dan atau tidak dapat offensive rebound? Jabarkan di hand book kita juga model aturan yang akan kita pakai pada keadaan tertentu. Tentukan kalau kita mau akan melakukan tekanan dari satu lapangan penuh pada tiap kesempatan atau ada aturan lain. Model apa yang akan kita pakai kalau kita menyelesaikan sebuah tembakan bebas? Full court press / trap? Model dan disiplin penjagaannya bagaimana? Corat dan coret rinci di buku.

Pada spesifik permainan cabor ini, hal-hal diataslah yang paling umum yang harus kita siapkan untuk supaya sebuah tim bisa bersaing. Apapun yang kita pikir bisa membantu tim kita lebih konsisten disiplin melakukan hal yang berhubungan dengan tim, catat! Apapun situasi yang berkembang di sebuah latihan, pertandingan atau sebuah musim, tidak akan keluar jauh dari acuan kita di buku kita.

Buku yang tidak pernah saya buat untuk dikumpulkan pada tiap penataran di atas. Buku yang sama yang bisa menentukan lulus atau tidaknya seorang pelatih untuk mendapatkan lisensi pelatih pada level tertentu. Buku coretan yang secara konsisten akan menumbuh kembangkan falsafah pelatihan kita. Gak perlu dibubuhi tanda tangan, cukup pastikan kita bikin sendiri ini buku tangan.

Iklan

2 responses

  1. jeff

    coach ocky, kira” berapa nih gaji pemain” di indonesia?, kalo yang rookie biasanya berapa,yg pengalaman biasanya berapa?, terima
    kasih :)

    19/12/2013 pukul 00:55

    • Hi Jeff, kalau mengenai gaji tanya ke menejer. Pelatih kurang ngerti soal nominal, kalau value mungkin bisa memberikan acuan buat tim..

      17/01/2014 pukul 19:32

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s