What goes around comes around..

Silencer Tyga vs. CLD (Replika TZ)


Sesuaikan kebutuhan..

Buat motor harian, saya pikir perut knalpot tidak terlalu pengaruh. Selama kita pasang yang sesuai dengan peruntukan spek std motor pasti performa bisa diandalkan. Nah disini saya mau sedikit berbagi pengalaman saya gonta-ganti Silencer knalpot untuk motor bermesin 2 tak, khususnya kawasaki Ninja 150.

Ada teman yang mau lepas (Rp.700rb) silencer Tyga miliknya yang masih gres tidak jadi pakai. Saya lihat bentuk dan ukuran juga berbeda dengan silencer saya sebelumnya. Singkat cerita saya pasanglah Tyga (Asli atau tidaknya saya tidak bisa memastikan disini, yang jelas di webnya sangat persis sama).

Paling pertama yang terasa sangat berbeda adalah suara lebih padat dan lebih berat sedikit banding knalpot saya sebelumnya. Lalu di keramaian lalu lintas siang hari saya buka gas sampai rpm 8000-an. Wow, motor lebih responsif jauh dibanding sebelumnya.

semangat akn perbedaan yang mencolok, malamnya pulang kerja saya tes sampai rpm paling atas. Hehe.. Alhasil performa rpm atasnya terasa tertahan dibanding knalpot saya sebelumnya. Kecepatan maksimal juga turun.

Sampai rumah saya pulang dengan kesimpulan bahwa dengan ukuran lebih kecil diameternya, Masih ada beberapa perbedaan ukuran dan bentuk lagi. Tyga ini maksimal pada rpm bawah sampai tengah saja. Sementara dengan CLD replika TZ (Rp.400rb) saya sebelumnya, dibawah belum begitu mau tapi tengah atasnya jauh lebih mau berteriak mengikuti tangan kanan kita memeras grip gas sampai pada rpm maksimal mesin std saya.

Tinggal selera saja mau pakai yang mana, sudah tahu sekarang kalau suka buka pendek-pendek responsif pakai yang mana. Kalau suka buka panjang sampai teriak maksimal kecepatan puncak pakai yang mana. Tapi juga mau kemana sih teriak kencang-kencang, hehe.. Safety riding, guys!

Catatan:

Semua perbandingan ini saya lakukan tanpa jeting ulang dengan karbu yang sama. Hanya saya setel angin saja. Belum tahu kalau saya jeting lagi masing-masing silencer sampai pada performa maksimalnya akan merubah kesimpulan atau tidak.

Tinggalkan Balasan

