What goes around comes around..

Wasit, Garis lurus dan Sudut..


Siapa Yang Menginisiasikan Kontak? Pic: Inet

Beberapa game sudah dilewati tim – tim NBL Indonesia di pramusim jelang kompetisi. Terlihat banyak pemain baru dari banyak tim dan juga banyak wasit baru. Baru dan lama semuanya adalah dinamika dari liga kita yang baru mau bertumbuh. Dan memang dasarnya dari pertumbuhan adalah sesuatu yang baru dan yang lebih baik.

Beberapa yang akan terlihat sama di liga kita adalah para pelatih akan tetap berusaha berkomunikasi dengan wasit di lapangan kalau ada hal yang perlu disampaikan. Pelatih baru atau pelatih lama akan tetap juga marah atau menyampaikan keluhan atas call2 wasit yang dianggap kurang tepat atau bahkan yang tidak di call sama sekali. Di liga ecek – ecek sampai liga paling hebat di dunia juga akan terjadi hal seperti ini.

Tidak Ada Sudut Pandang! Pic: Inet

Tapi kalau call wasit berasal dari sudut yang tidak menguntungkan, ini akan membuat saya hanya  bisa geleng – geleng kepala dalam ketidak percayaan. Ini salah satu alasan kenapa wasit di Bolabasket jumlahnya ada tiga. Supaya semakin baik sudut pandang si pengadil.

Ketika wasit berada pada posisi garis lurus dengan kejadian di lapangan, dia akan sangat sulit untuk bisa mengambil keputusan akan apa yang terjadi. Bukannya tidak bisa, tapi sangat, sangat sulit untuk melihat situasi sebenarnya.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa para pengadil dilapangan akan selalu diharapkan berada pada kondisi kesehatan yang maksimal. Bagaimana tidak? Kalau mereka diharuskan berlari dan selalu bergerak untuk mendapatkan sudut pandang yang paling baik untuk satu kejadian. Bergerak dan terus bergerak sesuai dengan irama permainan yang memang pada dasarnya sudah sangat cepat dan dinamis.

Sudut Yang Layak.. Pic: Inet

Missed calls dan Bad calls adalah hal yang lazim dan sangat manusiawi. Tapi kalau semua itu dari sudut yang buruk, tidak ada lagi yang bisa kita harapkan dari sebuah kepemimpinan wasit. Dan saya tahu kalau wasit – wasit lokal kita bisa menguasai daerah dan sudut pandangnya, liga akan lebih cepat lagi beranjak naik untuk maju bersaing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s