What goes around comes around..

Sekarang!!! (Tim Nas Bolabasket Sea Games 26th)


Yang sekarang..!!!

Baik, situasi tim putri kita tidak menguntungkan pada perjalanan Sea Games kali ini. Tapi sore pukul 17:00 hari ini (18.11.11) masih ada pertandingan yang sangat berarti. Artinya kalau tim putri kita akan begini begitu, hasilnya dipastikan kita akan dapat medali begini begitu. Kalau pemain putrinya nanti mainnya layaknya begini dan layaknya begana kita akan.. dan andil pelatih kepalanya (asing) dan seterusnya dan berbagai pikiran negatif dan positifnya!

Di sisi lain, kontrasnya (Puji Tuhan) Tim Nas Basket putra kita meluncur sampai di semi final. Barang pasti kalau tim putra menggasak nyungsep tuh tim Thailand (pukul 19:00), kita bermain di partai akhir a.k.a final! Dan kalau ini begana dan itu begunu, lagi-lagi pasti kita akan dapat medali begana-begunu.

Semua yang diatas adalah yang sudah liwat! Tim putri kita akan mendapatkan medali begini-begitu dan putra akan ento’ (Jawa: dapat) medali begana-begunu. Putri kepleset dan putra meluncur maju sampai semi final. Di BritAma Arena Kelapa Gading malam itu semua akan berubah (Waktu jalan terus merubah bayak hal.).

Tidak ada lagi anggota pemain dalam tim putri yang berpikir kita sebaiknya ini dan itu saat game lawan tim A atau saat kita dikalahkan tim B kemarin. Atau pada game nanti tim putra masih berpikir persiapan kita harusnya ono dan ini. NO MORE!!!

Pemain tidak menjadi dirinya yang terbaik kala dia berpikir “Aduh! kenapa teman se tim tidak ada yang bisa tangkap umpan matang dari aku barusan?” Atau yang gagal menangkap operan mikir ” Ampuuun gue bego banget ya gak bisa nangkep passing bagus dari dia, malu banget deh!” Untuk beberapa detik, pemain tidak menjadi yang terbaik dari dirinya. Apa sekarang? “Ok saya gagal menangkap umpan dari teman, baik.. Saya akan berlari secepatnya untuk kembali bertahan!” Yang sudah lewat, sudahlah.. Sekarang apa?!?!

Tim putri dan Putra, pemain, jajaran pelatih dan menejer siang ini bisa saja melamun mikir. “Kalau game nanti kita gagal kita akan kehilangan bla, bla dan bla.. Kalau tembakan saya gak masuk nanti penonton akan kecewa. Aduh jangan passing saya deh, pertandingan ini terlalu penting, saya tidak mau mengecewakan penonton kalau kita kalah!” No MORE!!! Ini tak akan pernah membangun apapun!

Siapa pun tidak akan menjadi yang terbaik dari dirinya kalau takut gagal. Terlalu pusing dengan apa yang akan terjadi di masa depan ketika kita melakukan hal yang patut kita lakukan. Apa lagi ini menyangkut kehormatan bangsa! Kalau boleh nyontek ucapan manusia paling jago main basket sepanjang masa, ” I can accept failure but i can not accept not trying” -MJ-

Banyak sekali hal yang ingin kita atur atau kontrol tapi pada kenyataannya kita tak punya kuasa akan hal itu. Jumlah penonton yang hadir, siapa saja yang hadir nanti menonton (orang tua, pacar atau bos bikin grogi?), call dari wasit yang memecahkan kepala pemain dan pelatih. Bisa kita kontrol? SENG BISA BUUUNG…

Hanya fokus pada satu hal saja dan hal itu saja yang kita punya kuasa 100%. USAHA! Ya, hanya fokus dengan usaha pada saat ini dan sekarang. Lupakan situasi dan keadaan Tim Nas putri kita yang tergelincir, seluruh tim hanya fokus untuk game sore ini dan hanya sore ini! (vs Maling)

Tim nas putra protes ono-ini sebentar saja, Thailand sudah ada di depan untuk lay up! Usaha di setiap halaman Bolabasket dan fokus 100% akan hal ini. Bertahan, apa model pertahanannya, Box out dan def rebound, fast break & 2nd break sampai ke situasi di serangan. Lalu Offensive rebound, gagal-balik bertahan cepat turun dan kembali ke pertahanan apa? Begitu seterusnya tanpa menyiakan satu detik pun akan hal yang kita tidak punya kuasa untuk mengaturnya. Apa sekarang? Apa lagi setelah ini? Di time out pelatih akan membahas apa? Bagaimana eksekusinya di lapangan? Semua ini bisa kita kontrol dan kita kontrol sekarang!  Kemenangan akan datang kalau kita kontrol bagus saat yang sekarang ini!

Sekarang! Buat yang baca tulisan ini pada siap-siap deh berangcut ke BritAma Arena kelapa gading di Mahaka Square. Dukung dan doakan Tim Nas Putri dan putra. Teriak yang sekeras-kerasnya, pastikan lawan tahu, INI RUMAH KITA! Sekarang! Buat saya.. Minum obat dulu, demam Bolabasket ini membuat pusing-pusing enak gimana gitu! *Wink

Iklan

3 responses

  1. Dan saat ini sudah lewat.. *Kusut

    18/11/2011 pukul 21:42

  2. adam adila arif

    keren coach tulisannya… motivatif sekali :D

    01/02/2012 pukul 07:21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s