What goes around comes around..

Seri Satu Lawan Satu: JAB & ATTACK


Main Bolabasket enak gilaaa..

Setiap serangan dalam Bolabasket pasti lebih mudah untuk dilakukan secara beregu. Namun ada kalanya gerakan satu lawan satu sangat diperlukan. Ketika suatu pola serangan tidak berbuah kesempatan untuk mencetak angka, situasi lain harus diciptakan. Dimana waktu serang sudah mau habis, bikin sesuatu terjadi dengan gerakan satu lawan satu. 

Dengan tulisan ini saya akan coba memulai rangkaian seri gerakan satu lawan satu. Diawali dengan gerakan favorit saya, Jab & Attack. Saya suka gerakan ini karena tidak banyak buang waktu dan tenaga, juga sangat efisien. Lawan seolah tidak berada di depan kita begitu kita kecoh. Kita hanya butuh satu langkah, ya langkah Jab itu!!!

Fig: 1

Pastikan lebih dulu arah yang mau kita tuju, ke kiri atau ke kanan. Lalu dribble bola dengan tangan yang sama dengan arah yang hendak kita tuju tadi. Pada Fig: 1, penyerang hendak ke arah kiri. Berikutnya kita hanya perlu menghentakkan kuat kaki ke arah lainnya (kanan). Sontak penjaga akan sedikit bergerak ke arah pancingan itu. Kalaupun dia tidak terlihat bergerak ke arah tipuan, pasti berat badan dia sudah condong ke arah palsu tadi.

Fig: 2

Lalu kita tinggal dribble maju ke arah yang kita tuju tadi. Serang kaki penjaga pada arah yang kita mau. Jangan takut benturan karena secara teori dia pasti akan membuka kakinya ke arah yang kita mau. Hanya dengan begitu dia bisa mengejar kita. Hmm.. Kecuali si penjaga punya ilmu meringankan tubuh ala Sin Tiaw Eng Hiong – Sin Tiaw Hiap Lu!!! Di Fig: 2, kaki kanan penyerang akan menyerang kaki kanan penjaga.

Fig: 3
Di Fig: 3, Perhatikan kaki kanannya membuka untuk si penyerang lewat. Gerakan lanjutan setelah lawan terkecoh tidak bisa kita antisipasi secara tepat. Bisa langsung menuju ring untuk point atau bisa passing ke teman yang terbuka kalau kita masih akan berhadapan dengan penjagaan bantuan. Betul-betul membaca situasi setelah kita melewati lawan kita. Break jump untuk menembak juga menjadi pilihannya.

Gunakan gerakan ini sesederhana mungkin, selanjutnya terserah anda. Coming throuuuuugh….

Iklan

One response

  1. Hmm.. Foto sebaiknya harus diganti nih!

    08/11/2011 pukul 20:39

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s