What goes around comes around..

Sedikit Point Penting ’03


Awal musim Kobatama 2003

Pascal & Ariel

Scoring kita terus meningkat sampai puncak putaran terakhir (74.6/gim). Turun lagi (68.3/gim) di Final Four menjadi hal yang sudah diperkirakan bagi semua tim yang masuk ke babak play offs. Diputaran tiga kita drop jauh (47.3/gim) karena memang dari pembebanan yang kita lakukan dalam latihan sebelumnya. Pembebanan ini guna mempersiapkan diri menghadapi putaran yang paling menentukan (Putaran 4) untuk masuk empat besar dan pada saat empat besar itu sendiri. Sehingga di seri 3 skill pemain memang tidak maksimal. Semua pergerakan mereka pasti sangat dibawah form pemain. (Opponents 58.6/gim di babak reguler)

2PT% yang lumayan rendah dipertunjukan anak-anak Buls (34.7). Beberapa penjelasan mengenai itu adalah : Umur latihan yang masih kurang, tidak sepenuhnya mengikuti jadwal latihan, baru mengenal bermain basket sebagai suatu kesatuan tim, banyaknya pemain debutan di tim kita (2 pemain starter kita rookie) dan masih banyak hal lain. Tetapi juga kita tidak bisa menutup mata akan peningkatan yang mereka lakukan disetiap serinya. Bersyukur juga pada empat besarBuls mencapai puncak persentasi 2pt yaitu 41.7 %. (Opponents 46.1% di babak reguler)

3PT% Buls sebenarnya lumayan baik, total 25.4 di reguler dan naik 34.7 di babak empat besar. Tapi percobaan tembakan tiga angka kita masih kurang, hingga ini membuat kita kurang tertolong di perolehan angka. Pemain kita, Pascal  menempati peringkat 3 di liga untuk persentasi tembakan tiga angka ini dengan 37.5%. (Opponents 23.8 % di babak reguler)

Free Throws persentasi anak-anak sangat buruk (64.9%). Ini menjadi pekerjaan rumah yang paling penting buat tim kita kalau mau maju dan lebih berbicara lagi. Walau pemain kita, Pascal Sebastian Sabandar menempati peringkat pertama di liga untuk urusan ini (91.3%). (Opponents 68.7 % di babak reguler)

Offensive Rebounds kita (off rebs 19.3/gim di reguler – 14.3/gim di babak final) terlihat semakin menurun seraya sibuknya pekerja-pekerja rebound Buls dalam mengikuti studi mereka. Malahan Warsa center kita tidak pernah mengikuti latihan persiapan putaran final karena ujian sidang. Departemen ini yang membawa kita sejauh ini. Bayangkan kalau penurunan tidak terjadi! (Opponents Off rebs 12.4/gim di babak reguler)

Bench Scoring kita (28.7/gim di babak reguler) yang membuat tim ini bisa berbicara dan mengambil tempat ketiga. Sejak kita tidak punya pemain bintang yang dapat selalu membawa timnya untuk menang tiap gim, kita sadar betul akan peran masing-masing pemain. Dan para pemainpun menikmati peran mereka dalam tiap gim yg dimainkan. (Halim’s bench hanya 17.3/gim di babak reguler)

Hanya sedikit dari banyak poin-poin penting yang harus kita perhatikan terurai diatas. Hanya lagi jangan kita lupa itu semua datangnya dari latihan yang kontinu dan efektif. Feel free kalau ada yang mau tanya soal tim kita. Dan kita juga minta masukannya dari semua yang perhatian sama prestasi Buls di Bolabasket Indonesia.

(Sebuah catatan kecil yg di post di milis Buls saat itu)

Iklan

4 responses

  1. suryo

    ulasan yang bagus coach, Pascal Sebastian Sabandar, wajar Free Throws persentasi (91.3%),dia lebih sering dapat freethrow foul oleh wasit, dan akurasi freethrownya pun bagus..,dia pemain yg sulit dijaga, pergerakan tanpa bolanya bikin pusing yang jaga

    25/08/2010 pukul 13:28

  2. lhaaah…beneran itu ariel..anak buah lo om?
    temennya bini ogut noh om..hahahhahahaa

    26/08/2010 pukul 11:03

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s