What goes around comes around..

NBL Tourney 2010: SMB Juara lagi!!!


Sondakh semakin matang.. (foto: nblindonesia.com)

Los Angeles Lakers juara lagi! Juara lagi! lagi! Hehe.. Huruf2 barusan itu sih sering kali kita baca dan dengar dari jaman dahulu kala. Organisasi ini memang yahud plus-plus. Entah pemiliknya yang selalu awas dalam menjalankan kontrol sistem pembinaan, atau sederhananya Jerry Buss hanya memilih orang2 yang tepat pada jajaran organisasinya dan membiarkan mereka berkarya. Konsistensi hasil prestasi adalah niscayanya. “The best owner in the world” Ujar Magic Johnson pada sambutan sesaat Lakers juara kemarin. Jauh amat ya, ngomongin yang di Amrik sono. Kita menuju Malang yuks..

Setelah dihajar di penyisihan grup oleh CLS Surabaya, Satria Muda Britama kembali akan tampil di final besok malam. Hari terakhir Turnamen pertama NBL Indonesia ini akan menyuguhkan partai yg penuh tanya.

Tapi kenapa SM lagi yang masuk final dan berpeluang menjuarai turnamen ini dan itu.  Sejak tahun 1999 mereka mendominasi Bolabasket Indonesia. Turun naik dalam tim dan kepengurusan sudah menjadi lumrah dalam banyak bidang. Tapi kenapa mereka selalu konsisten berada di papan atas kalau tidak juara? Kapan-kapan kita bahas dapur olah mereka. Again! Back to Malang we go___________:ngacir:

Capek mondar-mandir, udah kita fokus ke final besok malam aja otreeeh??? Pukul 19:00 besok, final seru pasti terjadi. tidak melulu harus angkanya yang seru saling susul, tapi semuanya dari persiapan saja pasti sudah membuat masing2 kubu heboh sendiri. Banyak yang mesti dan akan mereka lakukan untuk seting penampilan puncak malam. Belum lagi perubahan strategi sana dan sini guna mengulang sukses di penyisihan grup bagi CLS dan sebaliknya bagi kubu SM Britama Jakarta.

Coach Amran (CLS) lagi asik ngelamun mikirin gimana caranya bikin tembakan SMB tidak akurat seperti pertemuan sebelumnya. Semalam (vs Aspc) SM menjaringkan 34% FG, 25% 3FG dan 78% FT. Di kepala pelatih kepala yang doyan pelihara burung ini mikir.. “Gimana ya supaya  57% FT (buruk) SM bisa terulang lagi?” Atau beliau juga mikir, “Kita akan memastikan attempt FG SM akan sama kecilnya seperti saat kita kalahkan!” Attempt FG SM saat kalah dari CLS hanya 38 kali, dibanding saat SMB menhajar Aspac 46 kali (+8 FGA). Dari sini kelihatan semakin kecil jumlah serangan Satria Muda akan semakin baik buat CLS.

Lalu bagaimana supaya tetap akan ada pemain yang step up naik mendukung CLS dalam kontribusinya? Mungkinkah Sandy Febiansyakh kamis ini akan menyumbangkan perolehan yang sama baiknya dengan saat mereka menumbangkan SM? Pertemuan terakhir Sandy mencatat 4/4 dari garis amal (100%FT), 2 assists tambah 2 steals juga 5 rebounds daaan.. 19 ANGKA!!! :matabelo:  Kita tinggalkan dulu Coach Amran yang lagi muter otak.

Pertahanan di dalam.. (foto: nblindonesia.com)

Di lain hotel Coach Fictor (Ito) sudah atau sedang membaca ulang stats dan nonton video game mereka kalah vs CLS. Gak adalah orang yang mau tertumbuk 2 kali. Kalau istilahnya penggorengan bocor, pasti dia lagi sibuk cari bahan buat menambal bagian2 yang bocor cooorr…

Kenyataannya forward/center andalan (Christian “Dodo” Ronaldo) gak ikut karena cidera. Bukan! Bukan karena kemarin piala dunia main kelelahan.. Tapi ini denger2 memang rangkaian cidera lutut yg selama ini sedang di perbaiki. Situasi ini tentu merupakan kesempatan buat pemain lain di posisi yg sama. Masalahnya, pemain yang dapet kesempatan ini akan diperas main banyak karena kurangnya pemain bukan?

Kondisi W. situmorang jadi taruhannya! Apa dia siap main selama yang diperlukan? Dari total pertandingan di turnamen ini pasti waktu bermain dia sudah naik jauh. Nah, di game akhir ini akan kelihatan betul kemampuan pemain menjaga kondisi dan juga kemampuan pelatih mengatur minutes play pemain (mendadak) pilar ini. Akumulasi lelah dan letih malam ini akan berbicara seperti mesin minta mogok kerja, capeeek!

Hingga ini sengaja dibuat atau tidak, nyatanya 3 pemain andalan (Faisal, Youbel dan Rony) tetap bermain diatas 30 menit vs Aspac. Tapi Welly hanya main 28 menit yang di share dengan temannya Galank 11 menit. Pertanyaannya mungkinkah Welly masih kuat main saat dibutuhkan esok malam ini. Apakah Amin diturunkan (vs. Aspc no minutes played) besok malam ini? Kenapa kemarin dia tidak main? Ciderakah? Tambah banyak pertanyaan nih..

Mungkin pengalaman tampil di laga final untuk Satria Muda tidak sebanyak pertanyaan di kepala saya. Tapi pengalaman dan dominasi mereka 10 tahun belakangan ini membuat dan menciptakan suatu kekuatan tersendiri malam nanti. Dibanding tim yang paling tua umurnya (CLS), tapi pengalaman final sangat kurang.

Pertumbuhan CLS sebagai sebuah tim sangat kentara di turnamen ini. Fisik dan teknik meningkat pesat sejak ditangani pelatih (Yang masih doyan pelihara burung) senior Indonesia. Jelas ini tidak dibangun dalam tempo semalam sahaja. Dan lagi malam ini memang mereka akan memberikan perlawanan yang pantang menyerah sesuai kondisi fisik CLS yang diatas. Rony Gunawan akan kewalahan menghadang Agustinus Indrajaya, Youbel pusing ngudak-ngudak Sandy. Buah besok malam ini adalah hasil dari bibit yang ditanam Mr.Jerry Buss itu tadi diatas. Udah aja yang lagi di Malang pada dateng ndelok pertandingan final sesok malam. Laaaah, maksud judul tulisan ini opo toh???

Iklan

5 responses

  1. widi dodo

    salam buat coach amran hhehehe
    (minta burung nya) makin keren tulisannya

    15/07/2010 pukul 10:09

  2. Edy Djunaidy

    Moantab….

    15/07/2010 pukul 11:44

  3. Pada kemana ni tim2 lain? Btw berita turnamen NBL ga ada ya di Kompas pagi ini?!?!? :s

    16/07/2010 pukul 10:40

  4. novie benny binyo gontung

    …..kobatama, IBL trus NBL…ganti baju aja….

    16/07/2010 pukul 15:06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s