What goes around comes around..

Drill: Entry Pass Guided


 Salah satu tantangan sebuah tim basket di lapangan adalah, membaca dan menyesuaikan serangan kita tergantung situasi penjagaan. Sistem serangan tertentu terkadang hanya akan efektif terapannya pada penjagaan tertentu pula. Lima pemain dalam lapangan harus secara konstan membaca pertahanan lawan agar sudut serangan bisa didapat untuk menciptakan angka. Dibawah ini salah satu model latihan yang menekankan pada penyesuaian sudut serangan dengan memindahkan bola.

Fig.1. Penjaga di belakang pemain pos

latihan dimulai dengan membagi tiga kelompok. Pemain perimeter (luar) di samping lapangan (Elbow extended) dekat #2 dan di dekat garis setengah lapangan (di belakang #3). Pemain pos menunggu gilirannya di luar lapangan bawah ring. Dan tugaskan satu pelatih untuk membantu menjadi penjaga di bawah pos. Posisi penjaga inilah yang akan menentukan serangan dalam latihan ini. Perhatikan posisi defender dalam latihan ini.. 

Figure 1

Pemain perimeter akan langsung oper ke bawah kalau big man dia bisa membungkus (seal) penjaganya. Dan memang di awal latihan ini, pelatih yang menjaga sudah ditentukan posisi jaganya dimana. Membelakangi lawan saat meminta bola di bawah adalah definisi dari terbuka untuk dioper. Dari sini satu – dua gerakan pos dari big man akan memastikan angka (Ringnya sudah sangat dekat). Ketika #5 sudah mendapatkan bola, penjaga hanya akan mengikuti gerakannya sekedarnya (shadow). Pelatih penjaga akan melakukan ini (tidak berubah posisi jaganya) beberapa kali atau beberapa waktu tergantung jumlah pemain yang berlatih. Awal yang sederhana dalam membaca posisi penjaga pos.

Fig.2. Sedikit dribbling guna mencari sudut operan

 Fifure 2 

Berikutnya digambar ini situasinya tidak sesimpel sebelumnya. Penjaga menempel big man kita dari kanan dan artinya sebelah kiri teman pos kita lebih terbuka. #2 akan harus menyesuaikan sudut passing dengan sedikit dribbling ke arah pojok. Lagi, sampai sini pos melakukan gerakan andalan masing-masing tuk masuk kuat ke dalam. Banyak sekali umpan ke pos yang gagal (jadi turn over) hanya karena kita malas menyesuaikan sudut passing kita.

Fig.3a. Cari sudut dengan memindahkan bola

 Figure 3

Semakin banyak passing akan semakin besar peluang menciptakan angka. Ini sangat benar karena perpindahan bola dengan passing akan sangat cepat terjadi dan dari itu akan mendapatkan sudut serang yang optimal. Pada drill berikut ini pelatih yang membantu menjaga (guiding) menempel ketat dari sebelah kiri. Pemain perimeter akan harus memindahkan bola ke #3. Perlu diperhatikan bahwa pemain yang akan dipassing juga sudah membaca posisi penjaga posnya. Begitunya dia akan melakukan v-cut (Fig.3a) pada saat yang tepat untuk meminta dan memastikan dia terbuka (untuk dipassing). 

Fig.3b. Sudut optimal untuk feed ke dalam

Dari posisi #2 berdiri, sudut umpan tidak akan maksimal dengan posisi penjaga seperti Fig.3b. Sebaliknya dari pemain #3 sudut passing optimal didapat. Tekankan bagaimana big man kita harus membungkus lawannya saat meminta bola!

Tahapan Latihan

Paling pertama kita mau semua latihan yang paling mudah. Berikutnya beban latihan akan dibuat lebih sulit dan lebih berfikir (kalau tidak lebih bergerak). Pada latihan ini di awal kita hanya melibatkan dua grup beberapa kali atau beberapa saat (dikasih waktu). Lalu tiga sampai empat kelompok. Semakin tim sudah mengenal drill ini semakin sulit juga disain latihannya (banyak lagi model latihannya).

Misalnya pelatih penjaga (seperti gambar) akan bergerak berpindah posisi penjagaan posnya. Hingga semua group akan selalu harus mikir dan membaca posisi semua orang dilapangan. Atau peserta latihan dilapangan ditambah hingga sampai 4 orang penyerang dan ada yang jaga.

Fig.4. Drill makin kompleks

Jangan lupa latihan ini fokus di tim offense yang mau membaca posisi panjagaan lawan. Jadi para defender hanya akan membantu supaya latihan serangan ini bisa mengena pada tujuannya.

Pelatih bebas membuat aturan latihan yang akan membuat semua peserta latihan lebih terbiasa untuk mikir dan mencermati apa yang dilakukan defender di lapangan. Kalau X5 begini artinya pemegang bola harus begitu misalnya, sesuaikan. Atau kalau tangan penjaga ke atas, pemegang bola akan passing bounce. Barusan ini hanya contoh latihan yang akan melatih pemain untuk selalu mebaca situasi penjagaan lawan di lapangan. Hey, give me the ball, right angle from here!

Iklan

6 responses

  1. Umar Bakrie

    Segitu aja? Pantesan basket kita gak maju2.. Beginian mah banyak bangad di inet!

    20/12/2009 pukul 20:48

    • Intinya sharing aja sih mas, idenya dengan ini masalah maju mundur bisa di utak-utik. Gak merugikan dong.. :)

      22/12/2009 pukul 17:42

  2. Ichsan Ruziek

    setuju Coach.
    makin banyak orang yang peduli dengan sharing seperti ini, semakin banyak referensi dan setidaknya jadi tau dari sebelumnya tidak tau a.k.a asal-asalan.

    28/12/2009 pukul 10:22

  3. arif

    sangat bermanfaat sekali bagi para pelaatih muda

    30/12/2009 pukul 13:52

  4. eka

    itu yang dipaparkan sistem penyerangan basket ya…?

    20/04/2010 pukul 14:38

    • Halo mas Eka,

      Ini contoh kecil dari latihan menyerang yg merupakan bagian dari sistem serangan tertentu..

      24/05/2010 pukul 20:16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s