What goes around comes around..

Nets Pecah Telor, Horeee!!!


Akhirnyaa.. (Photo AP)

New Jersey Nets Jumat 4.12.09        kemarin berhasil mengalahkan Charlotte Bobcats 97-91 untuk kemenangan pertamanya (1-18). Lama gue gak ngikutin NBA, bahkan baru tahu ada klub di liga itu ada yang namanya Thunder. Gue taunya Thunder 250 atau 125 Suzuki. Parah gue, ketinggalan banget nih (seperti biasanya). Iyalah, asli lama sangat gak baca-baca tentang liga nomer wahid ini. Hehe.. Tapi gak tahunya ada yang lebih lama lagi ngerasain kalah terus. Paling lama di awal musim sepanjang sejarah.

Sejarah

Kemenangan pertama ini juga artinya mereka (Nets) kalah terus dari bulan April lalu. Emang enak! Sampai akhirnya memecahkan rekor kalah beruntun di awal musim, 0 menang -18 kalah. Sebelum fenomena ini, sejarahnya kekalahan beruntun untuk memulai musim adalah 0 – 17,  di pegang oleh Heat 1989,  Clippers pada 1999 dan Nets 2009.

Bukan menjadi bagian sejarah yang ini.. (www.nba.com)

“Kita mau menjadi bagian dari sejarah, tapi tidak dengan cara ini!”, Devin Harris (point guard Nets) mengaku di televisi kemarin.

Walau kebetulan belum pernah kalah (bermain/melatih) beruntun serentengan-bererotan begitu. Gue tahu emang sangat berat, om Harris.. tapi gak usah dibawa terlalu dalam. Kalau kata mas Erick, “Emang udah jalannya..!” Coba lihat tahun-tahun yang kalah beruntunnya bersejarah. 1989 – 1999 – 2009.

Tiap sepuluh tahun kalah serentengan parah terjadi di awal musim. Gue pikir runtunan itu gak melulu jadi patokan baik buruknya pelatih, pemain ataupun sebuah regu. Pribadi gue tetap percaya dengan rataan tiap musim ataupun masa karir seorang pelatih, pemain atau tim. Rentang yang lebih panjang dikitlah..

Baru juga sebentar udah dikasih rapor. Mau berhenti melatih atau mau berhenti bermain. Sayang sekali, rentang waktu yang sedikit sama sekali tidak bisa dijadikan acuan. Yang ada menyesatkan masyarakat, terlihat buruk padahal tidak. Atau yang parahnya terlihat baik rapornya padahal sebaliknya.

Contoh, Orlando Magic di musim 2003-2004 kalah berenteng 19 kali. Saat kalah rentet 10 pelatihnya udah dipecat. Pelatihnya buruk..? Baru sebentaran kemaren kan Boston Celtics kampiun NBA? Nah pelatihnya, yang dipecat Orlando itu.

Magic kalah beruntun 19 kali dan mengakhiri musim dengan 21 menang – 61 kalah. Pemainnya kalahan? Sabar.. Tracy McGrady tahun itu top score liga untuk kedua kalinya beruntun. Dia juga berhasil menjadi pemain termuda ke-2 dalam sejarah NBA yang mencapai 10.000 angka dalam karirnya.

Masih tahun yang sama, T-Mac membukukan sejarah perolehan angka satu game di klubnya. 62 angka dia kemas saat menghempaskan Wizards di bulan Maret.

Gambling

Pelatih yang dipecat (Doc) bersinar di klub barunya, timnya kalahan tapi individu pemain malah kinclong.  Pilih mana.. Model A.I #3 vs. Larry Brown? Begitu lepas dari Sixers, Brown juara NBA dengan Pistons. Kalah menang bererot jadi patokan pengambilan keputusan? Juara berentengan?

Gambling Utah di Sloan.. (ESPN)

Gak berani mengambil resiko ya gak akan ke mana-mana juga sih!  Tinggal kitanya saja yang banyak berhitung dan berdoa. Nets pecah telor karena pecat pelatihnya apa karena ada perubahan dalam mempersiapkan timnya? Lawrence Frank  (pelatih kepala New Jersey) toh digantikan dengan orang dalam organisasi Nets juga (Kiki Vandeweghe). Takut mau ambil pelatih kepala dari luar yang lebih berkompoten.

Bukan, bukan takut deh, enggan.. Wong lah  manusia tajir a.k.a yakok dari Rusia (Mikhail Prokhorov) udah punya kesepakatan untuk membeli 80% dari klub. Penjualan yang mungkin akan disetujui pemilik-pemilik klub NBA di akhir bulan ini. kalau ini terjadi, bisa kuras habis tuh jajaran staf pelatih sampai ke kantor-kantornya. Bisa dia bawa satu paket dari Rusia.

Nah, Kiki and the gank pada berdoa deh. Semoga si Rusia itu nanti tidak cuci gudang di kantor dan di lapangan. Yang penting kan teyoy udah pecah, gak harus nyamain rekor 23x beruntun kalah dong. Selamat ya..

Iklan

One response

  1. Ichsan Ruziek

    tulisan ini dulu rupanya di release.
    yang final libamanas kemarin blm coach ?

    07/12/2009 pukul 17:15

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s