What goes around comes around..

Catatan Point Guard…


15.2.06

Bangga diberi kepercayaan dan tanggung jawab..

Mengambil tanggung jawab penuh..

Bermain di posisi ini merupakan kebanggaan tersendiri buat setiap pemain (Setidaknya saya..). Banyak pemain yang ingin bermain pada posisi ini tapi tidak mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan (dribbling, passing, leadership dsb.). Saat kita bermain di posisi ini berarti kita sudah mendapat kepercayaan dari pelatih untuk  tanggung jawab yang kita harus emban.

Artinya pelatih menilai kita memang sudah mempunyai beberapa keterampilan yang diperlukan. Tapi yang menjadi masalahnya adalah, saat kita bermain kadang kita lupa tugas dan tanggung jawab kita dalam memainkan posisi ini. atau memang kita belum tahu tugas-tugas kita. Atau lebih parahnya lagi pada jenjang Bolabasket paling tinggi, kita belum tahu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab posisi ini. Dibawah ini hanya sedikit dari hal-hal penting yang perlu point guard perhatikan.

Defense

  1. Sebaiknya kita menjadi pemain dalam lapangan yang paling semangat dalam bertahan. Karena dengan begitu teman satu tim kita akan terbawa semangat kita. Komunikasikan segala sesuatunya, ngomong!
  2. Kalau kita menjaga point guard lawan yang baru masuk (dari bench) tekan dan dikte dia. Kalau perlu coba untuk ambil bolanya dengan bijaksana, jangan ceroboh hingga terjadi pelanggaran.
  3. Lihat seting posisi lawan dalam situasi jump-ball pada awal pertandingan, kita sangat tidak menginginkan lawan mencetak angka sesegera mungkin. Dan ini menandakan juga bahwa kita fokus & siap sejak awal.
  4. Kalau kita menerapkan man to man, periksa semua match-up pemain, minimalkan miss-match terutama disetiap pergantian pemain (lawan atau kita). Arahkan bola ke sisi yang tidak terjadi miss-match atau ke sisi jauh dari pemain bintang lawan.
  5. Kalau zone, pastikan semua pemain tahu jenis apa yang kita pakai dan selalu awas pada setiap pergantian jenis penjagaan. Informasikan pergantian penjagaan kita dengan jelas ke teman satu tim.
  6. Perhatikan transisi Offense lawan terutama kalau kita gunakan zone def. (rentan terkena serangan cepat).
  7. Kenali sisi & tangan mana yang kuat / baik pada point guard lawan. Deny dia dari bola. Cek kemungkinan untuk melakukan tekanan padanya (dikte).
  8. Kenali kecenderungan serangan tim lawan, juga nama serangannya.
  9. Kalau kita mau berinisiatif dalam melakukan double team, harus bertanggung jawab untuk melakukan recover.
  10. Selalu menekankan box out sebelum rebound dan… REBOUND!!! Penjagaan yang baik akan sia-sia kalau gagal dalam def. Rebound.

Offense

  1. Pada awal situasi jump-ball kalau mendapat bola langsung menyerang kuat (strong) kedalam dengan harapan lawan terkena foul diawal game. Dan juga untuk mencetak angka sesegera mungkin. Kirim pesan yang kuat!
  2. Menyerang secepatnya disetiap transisi (fast break) walau tidak harus terjadi. Selalu cepat membawa / passing bola keatas, kita tidak pernah tahu apa yang akan berkembang dari transisi.
  3. Lalu perhatikan kemungkinan early offense / second break. Setelah itu pada saat sisa kira-kira 14 detik di shot clock, mainkan motion / set play.
  4. Kalau tidak ada kemungkinan fast break dari awal (kemasukan, inbound didaerah kita dsb.), point guard harus sudah memberi tahu play apa yang akan dimainkan sejak dari bawah / sebelum masuk garis tengah. Beri waktu 4 pemain lainnya untuk berpikir.
  5. Semua set play dibuat sesuai dengan pemain kita. Kenali sisi kuat setiap pemain, dimana, kapan dan bagaimana dia bisa mencetak angka.
  6. Cermati kemungkinan miss-match dan maksimalkan sisi itu. Sesekali buat situasi ke pemain tersebut.
  7. Selalu kenali / baca penjagaan lawan (termasuk perangkap lawan) dan serang sesuai dengan itu (zone off. / man off. dan Press Breaker).
  8. Buat semua serangan sesimpel mungkin, kosong tembak! Lebih banyak attempt yang terseleksi adalah lebih baik daripada banyak turn over.
  9. Kenali pemain kita yang sedang panas dalam menembak dan maksimalkan dia.
  10. Setiap pemain mencetak angka, pada posesi berikutnya dia pantas mendapat bola atau setidaknya kita / tim membuat situasi untuk membuka peluang bagi dia lagi.
  11. Bila kena 6-0 run oleh lawan. Stop momentum lawan dengan memperlambat tempo permainan kita. Atau lihat ke bench kemungkinan besar pelatih akan mengambil time out. Jadi jangat terlalu buru-buru untuk melakukan inbound setelah kemasukan.
  12. Selalu berkomukasi dengan pelatih selama pertandingan berjalan. Point guard adalah kepanjangan tangan pelatih dilapangan.

Setelah membaca catatan ini tidak mungkin seorang point guard langsung menjadi play maker terbaik di liga kita. Tapi kalau beberapa hal diatas kita pegang teguh, fokus dan menikmati dalam melakukannya, kita akan bertambah dan bertumbuh. Kesemuanya diatas dimulai dengan kemampuan pemain berkomunikasi dengan teman satu tim dan juga jajaran pelatih.

Terakhir tapi yang bukan paling belakang, irama permainan dan suasana tim bermain dilapangan sangat tergantung dari emosi seorang point guard. Point guard terburu-buru, satu tim akan bermain seperti dikejar maling. Point guard terlalu lama pegang dan menahan bola, tiap pemain dalam tim akan menahan bola (karena mereka jarang diberi umpan). Belajar dan jangan berhenti belajar menahan emosi. Sampai hari ini saya harus jujur bahwa itu tidak gampang..  :s

Iklan

24 responses

  1. yeah, i love this one.. coach…

    10/05/2009 pukul 07:40

    • ocky tamtelahitu

      Yes, the game brings so much love..

      11/05/2009 pukul 00:26

  2. eko tpk koja

    mungkin gw cuma mau sharing opinion tentang PG yang harus punya visi bermain tanpa itu main basket jadi nga punya jiwa
    btw gimana kabarnya ki
    kapan main ke priuk lagi
    warm regard

    11/05/2009 pukul 00:21

    • ocky tamtelahitu

      Pak Eko apa kabarnya? Atur waktunya aja pak..

      11/05/2009 pukul 00:27

  3. Wow..
    tukisan yang bagus ki..!
    good guide for PG…
    apa kabar ki.. udah lama nih gua gak main basket ama ocky…

    21/05/2009 pukul 15:19

    • Ocky Tamtelahitu

      Alo Andre, ini catatan pertama kali di panggil masuk Pelita Jaya (1989). Nath Canson pelatih kepala saat itu dikamarnya di sebuah Hotel (away games) nyerocos ini dan itu soal Point Guard. Dicatat, jadi deh catatan ini. Sederhana tapi ternyata bisa membawa seseorang bersaing di Cabor ini. Basket yuks..

      23/09/2009 pukul 04:54

  4. Desi-ciduk

    SETUJU!!!
    Capten adlh leader diteam,tp PG pny kuasa penuh bwt jd leader dilpngan!

    Tp ironisnya yg sering ditemuin coach…mgkn klo digambarkan, 100 banding 1000 kali…yg kompetensinya klop sama parameter kriteria PG diatas

    Nah klo lg ktiban sial qt kebagian yg mayoritas alias yg 1000org krg bgt mmnuhi krtria,tp disisi laen emng dh di trap on da corner(alias udh kepojok/kepepet)…
    B’arti yg msti siasatin tu sicoach sdri kn.
    Nah yg jd prtnyaan ciduk,klo coach oki lg diposi2 siplth yg lg sial itu,msti gmn?

    04/10/2009 pukul 17:27

    • Ocky Tamtelahitu

      Ciduk, tulisan di atas bukan parameter kriteria seorang Point Guard. Melainkan poin2 penting yg perlu diingat saat seorang bermain di posisi itu.

      Pemain #1 (PG) yg bisa mengingat dan menjalankannya, niscaya bisa bersaing..

      Saya pikir tidak ada posisi sial seperti yg Ciduk maksud. Memang sudah tanggung jawab pelatih untuk melatih tiap posisi menuju idealnya..

      Lihat siapa dalam tim yang paling mahir ball handlingnya, mulai melatih point guard dari dia..

      Atau juga bisa mulai dari pemain yg paling cerdik di tim, mulai jg melatih point guard dari pemain ini.

      Semoga membantu..

      04/10/2009 pukul 22:52

  5. Desi-ciduk

    Hehee…blibet yak prtnyaan ciduk?
    Pokoknya intinya tuh klo coach kedptan tim yg ga punya point guard,apa yg coach lakukan?

    04/10/2009 pukul 17:34

    • Ocky Tamtelahitu

      Bikin..

      04/10/2009 pukul 22:57

      • Desi-Ciduk

        Owh..,oke coach!

        Lg2 pelatih hrus bs sulap atlitnya.

        Huppft…emang dah platih kudu kerja keras!

        Thx bgt coach atas jwbnnya :-D

        06/10/2009 pukul 09:30

  6. Bagaimana cara berpikir cepat dalam basket?
    dan juga cara mengatur emosi yg brlebihan?

    01/02/2010 pukul 13:18

    • Pelajari dan mengerti game-nya aja. Peraturan dan situasi yg mungkin terjadi di pertndingan..

      Kalau mengerti, pasti lebih mudah mengatur emosi.. :)

      20/06/2010 pukul 20:25

  7. Harris fadillah

    w lagi belajar jai PG karna w di tempatkan d posisi ini..
    apa yg harus w pelajari pertama kali buat jadi PG yg bik

    20/06/2010 pukul 20:18

    • Latihan dasar Bolabasket: Passing, Dribbling dan shooting.. :)

      20/06/2010 pukul 20:26

  8. Julzt. WhiteStarz

    gw dari club Ws neh.. (anak ketapang ,kalbar) … biasa gw ngoper2 mulu .. truss emang ada kunikan dari gua … Juling.. tapi malah membuat msh agak binggung kozz mta gw arahnya aneh aneh.. wkwkkw jd dipanggil PG .. eh gw kira enak amad PG truss possisinya cma oper n shoot n defend … eh ternyta repot amad ya … wkwkkw nice buat blognya

    20/01/2011 pukul 20:38

  9. tobing

    menurut gw ………….. ini smua BETUL

    26/03/2012 pukul 16:16

  10. angga

    nice :) .. banyak ilmu dari sini nih :)

    29/04/2012 pukul 23:30

  11. Anonim

    bagus bgt nich tulisan,semoga banyak point guard muda mau baca tulisan ini…

    10/05/2012 pukul 12:43

  12. Yohanes Clinton Sihotang

    coach, PG harus ngelakuin apa sebagai leader di lapangan kalau rekan” setimnya lagi pada ngedrop ?

    10/05/2012 pukul 15:19

    • Komunikasikan itu dengan mereka dan kita harus beri contoh juga dengan tindakan atau permainan kita di saat itu. Tetap positif dalam situasi apa pun..

      Tidak mungkin kita berteriak pada tim untuk kembali bertahan dengan cepat tapi kita lagi jalan santai.

      10/05/2012 pukul 15:27

  13. Anonim

    good !! i like it

    14/09/2012 pukul 14:50

  14. rico charles ferdinandus

    tulisan yg bagus semoga para pemain basket (posisi PG) membaca tulisan ini,karena banyak pemain sekarang yang kurang mengerti dari fungsi & tugasnya di lapangan sesuai dengan posisinya…kalo bisa coba dari semua posisi juga ada tulisan seperti ini….

    18/10/2012 pukul 12:20

    • Makasih, Bung.. Sedihnya di level paling atas Bolabasket kita pun masih ada yg belum mengerti. Smoga tulisan ini bermanfaat. Untuk posisi lain sudah sedang di cicil tulisannya. Untuk sementara lihat aja di google banyak hehe..

      02/12/2012 pukul 14:00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s