What goes around comes around..

Bolabasket di Daerah


30.11.06

Senang sekali saat seorang teman menelepon meminta saya melatih sebuah tim daerah. Regu Bolabasket ini akan bertanding pada Pekan Olahraga Propinsi Kal-Tim dari 24–29 Nopember tahun ini. Tanpa pusing bernego, saya langsung terima tawaran itu.

Bolabasket Samarinda

Tiba disana saya sangat terkejut dengan atmosfir cabang olahraga ini. dijemput oleh 2 orang pengurus cabang Samarinda membuat saya tambah kagum. Bagaimana tidak, ternyata mereka memang “Gila Basket”. Kompetisi daerah berjalan baik dan dibuat berseri bak IBL. Mereka menyebutnya SBL atau Samarinda Basketball League.

Belum lagi mereka ada acara turnamen yang dikenal dengan Samarinda Open. Tiap tahunnya diikuti banyak peserta, bahkan dari luar Kalimantan. Basket sekolah menengah juga tak kalah ramenya. Saya melihat juga banyak pemain SMU yang potensinya siap dipoles tuk bersaing di jenjang nasional.

Melihat itu semua membuat saya lupa akan sedikitnya waktu persiapan tim Samarinda. Acara latihan sudah saya siapkan untuk hanya satu minggu latihan. Sama sekali tidak bisa disebut persiapan dari sisi waktu. Belum lagi kenyataan bahwa prestasi otomatis pemain hanya seadanya dari sisi pengetahuan latihan dan pertandingan. Meski pemain disini pantang menyerah dan pintar-pintar, dengan sedikitnya informasi dan pengulangan latihan yang mereka dapat, tim Samarinda gagal mencapai babak 4 besar.

Pemain asli daerah di Porprop ini bagus-bagus potensinya. Sebut saja Tony dan Gatot, pemain asli asal Tarakan ini siap untuk bersaing di jenjang paling atas negri ini. Tentunya daerah lain di seluruh Indonesia ada banyak lagi potensi pemain bagus tapi timnya (daerah) kurang mendukung.

Selama dua minggu disana semangat saya bercampur gemas. Berandai kalau kenyataan atmosfir Bolabasket yang baik ini diikuti dengan pembinaan yang mumpuni. Kenyataannya pelatihan disana sangat minim dari banyak hal. Tentang olahraga sebagai pembangunan karakter, aktifitas fisik, permainan beregu dan sebagainya hampir tak terlihat. Penataran pelatih Bolabasket juga katanya belum pernah ada. Kalaupun pernah pastinya tidak berdampak nyata.

Gosip

Hingga berita di Samarinda beredar bahwa pelatihan PB. Perbasi di pulau Jawa jauh lebih maju dan menyimpan (tidak mau berbagi) info pembinaan Bolabasket bagi luar Jawa. Setelah menepis gosip itu saya bilang saya senang kenyataan disini berpikiran begitu. Artinya Samarinda terus haus akan informasi tentang pelatihan Bolabasket sama seperti saya. Lagi pula gosip itu tak mungkin benar karena tajuk munas Perbasi di Bali tahun lalu saja sudah tentang pemberdayaan SDM di daerah. Ketua Perbasi 2006-2010 terpilih juga sudah menyatakan bahwa daerah harus berdaya makin berprestasi! (Kompas, 29.11.06).

Ini baru Kalimantan saja, bagaimana kalau seluruh Indonesia kita maksimalkan penggalian potensi bolabasketnya? Semisalkan 2006-2010 kita benar-benar bekerja mensiasati positif apa yang Perbasi canangkan, peningkatan prestasi Tim-Nas Bolabasket di kancah Internasional adalah niscayanya. Dan buka mata tutup mata 2011 kita sudah menjadi tuan rumah ajang banyak cabang asia tenggara. Mampu tidaknya kita berbuah saat itu tergantung dari sekarang.

Iklan

5 responses

  1. ocky tamtelahitu

    Tidak terasa sekarang sudah tahun 2009, Dang!

    22/01/2009 pukul 03:53

  2. 2009
    Menatap dengan banyak tanya, berapa lama kita bisa bawa semuanya ini menjadi lebih baik.
    This my dream…..

    09/09/2009 pukul 02:38

  3. Ocky Tamtelahitu

    Mimpi yang pada malam hari pasti kita tidak bisa atur. Tapi impian yg satu ini mestinya sangat mungkin bukan..?!?!

    28/09/2009 pukul 04:26

  4. Sinyo

    Smg qt mimpi dl. Stlah itu akan trwujud. Andai insan basket berpikran spt coach ocky,qt bsa menjuarai di SG 2011 yg notabene tuan rmah.

    14/01/2010 pukul 20:22

  5. Oh, lima tahun yang lalu. Buka mata, tutup mata ternyata cepat sekali waktu berlalu..

    20/11/2011 pukul 13:32

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s