What goes around comes around..

Back 2 Back + Halle Berry


Dan Keindahannya pun Menjadi Sempurna..

15.3.05

buls-best

Memberikan usaha maksimal, menjadi yang terbaik dari yang kita punya..

Piala Sutiyoso..  Ok, Buls menjuarai Turnamen ini dua kali berturut-turut. Tetap saja ruangan bagi orang-orang luar (The Non-Believers) masih sangat besar buat mengatakan bahwa Buls kebetulan. Beruntung dan semua kata yang diluar usaha kita masih akan terdengar. Padahal “Back 2 Back tittle” bukanlah sebuah hal yg mudah dicapai siapapun. Bagaimana agar supaya kita bisa terus mempertahankan kemenangan atau menjadi Tim yang menangan. Seperti kita semua tahu bahwa Buls mau menang tiap gimnya. Kalau sebagai pelatih sih, pasti udah saya tinggalin dari kemarin2 orang-orang yang gak mau bantuin kita berprestasi. 

Field Goal attempt tetap yang paling pertama kita tekankan, atau sebanyak-banyaknya menembak ke gawang lawan. Terlepas dari persentasi masuknya, kalau kita banyak melakukan ini (dengan shooting selection yg baik tentunya) pasti sangat memperbesar kemenangan tim kita. Selama turnamen kemarin kita menembak 366x atau 73.2x tembakan tiap gimnya (+12.8 dari lawan)

Offensive Rebound menjadi kedua terpenting. Departemen ini membuat kita berpeluang lebih dalam melakukan tembakan dan mencetak angka. Menjadi tim yg dominan dalam departemen ini juga mengindikasikan tim yang agresif dan mau menang. Kita di 5 gim kemarin memetik total 117 OR atau 23.4 OR per gimnya (+11.8 dari lawan).

Turn Over berikutnya yang menjadi faktor menang kalah sebuah tim yang bermain Basket. Ada atau banyaknya kesempatan untuk menyerang sangat dipengaruhi departemen ini. Besar kecilnya angka juga sangat terpengaruh. Dari rataan diatas 20/gim tahun lalu, diturnamen ini kita berhasil menurunkannya menjadi 17.8 TO/gim (-10 dari lawan).

Free Throw Attempt memang faktor yg terakhir, tapi dampaknya sangat jelas (significant).Lihat saja misalnya, di suatu gim kemarin kita usaha 40x tembakan bebas. Bayangkan kalau semuanya masuk, kita gim itu bisa mencapai 120 angka total satu gim itu. Menusuk ke dalam jantung pertahanan lawan menunjukan kita mau mendominasi lawan. Belum lagi banyaknya pelanggaran yg tercipta oleh lawan kita yang tentunya akan membuat gim mereka tidak maksimal. Kita membukukan 114 atau 28.8 FTA/gim (+17 dari lawan).

Possession atau kepemilikan tim atas bola 79.1 tiap gim (-2 dari lawan)

Scoring atau angka yang kita cetak per gim 78.2 (+26.8 dari lawan)

Offensive Ratting / 100 possession (efisiensi serangan Buls) 98.8 (+35.5 dari lawan)

Defensive Possession atau banyaknya kita diserang per gim 81.1

Opponent Scoring atau angka kemasukan per gim 51.4

Defensive Ratting / 100 possession (efisiensi penjagaan Buls) 63.3

Pemenang di Latihan

Menang di latihan, juara di hidup..

Back 2 Back buat saya indah sekali, terimakasih Tuhan, demikian juga angka2 diatas. Mudah-mudahan kita semua punya perasaan yang sama akan kemenangan tim Buls Inowo kita kemarin. Sama seperti perasaan senang saya saat Pak Gempur dan Istri melahirkan anak kembar mereka. Selamat ya pak Gempur.

mudah-mudahan kita sebagai satu tim juga tahu gimana caranya mempersiapkan tim untuk menuju kemenangan. Kita akan terus memaksimalkan point2 diatas termasuk juga dengan pemilihan individu2 yg menjadi anggota tim (somebody better understand this). Yang jelas kalau gak ada Nahut ya agak susah ya. Oh iya Halle Berry-nya biar saya nikmati sendiri supaya sempurna hehehe.. Guys jangan lupa saran dan masukannya ya, kita semua kan satu geng! Terimakasih atas semua dukungannya..

 

Iklan

8 responses

  1. ocky tamtelahitu

    Sekarang, kurang lebih 4 tahun dari saat itu – Tujuh orang pemain dari tim ini sudah bekerja dan terjun ke masyarakat. Untuk saya, tidak ada pemandangan lain yg lebih indah dari kenyataan itu. Membangun sesuatu..

    22/01/2009 pukul 03:51

  2. Mungkin benarnya juga orang bilang kalo ini semua karena “Keberuntungan” tapi tergantung dari definisi keberuntungan itu sendiri.. Keberuntungan yang saya tangkap dalam hal ini adalah “Keberuntungan merupakan karena adanya suatu kesempatan dengen kesiapan”. dan Buls dalam hal ini sudah mempersiapkannya dengan latihan2 dan begitu kesempatan itu ada Buls sudah siap menghadapi kesempatan itu dan meraih keberuntungan… Go… Buls…

    28/01/2009 pukul 04:11

  3. pramajid

    thanks coach..gw banyak berubah setelah ada di tim “kumpulan orang2 super”..
    yg pasti gw rasa mpe sekarang,bahwa sekecil apapun itu,kita udah jadi bagian dari sejarah bola basket indonesia..
    pas liat tu foto,gw jd inget semua hal yg kita jalanin di simprug,hahaha..
    terima kasih udah memberi kesempatan untuk berada di kumpulan “orang2 super”..

    23/02/2009 pukul 13:24

  4. B16 70EL

    Alhamdullillah…. Speechless…. :)
    TEAM ( Together Everyone Achieves More )

    11/05/2009 pukul 04:52

  5. ariel

    pengalaman berharga dalam suatu tim basket…orang2 super di level yang super juga… keutuhan tim ini luar biasa
    hal itu saya kenang dan sangat beruntung saya bisa bergabung di tim ini…
    Miss u all guysss…

    11/05/2009 pukul 10:38

  6. ariel

    tim yang sangat luar biasa dengan orang2 yang super… tim yang bener kompak dan bersatu padu dalam susah maupun senang… akan terus dikenang tim ini….
    miss u all guysss…..

    11/05/2009 pukul 10:44

  7. suryo

    Salut ama Bulls Inowo Waktu itu, Timnya bener2 kompak, punya defense yang bagus, offensive yang efektif, dan dengan persiapan yang matang, Wajar bisa Juara dan itu bukanlah sebuah keberuntungan, saya merasakan betapa dasyhatnya tim bulls pada piala Sutiyoso waktu itu, susah sekali untuk menembus pertahanan kalian, karena Defense kalian yang terkoordinasi dengan baik, BULLS bener2 is the best..

    22/07/2010 pukul 09:11

  8. Hapsak

    Sekian tahun blog ini ngelapak
    Punten Coach…

    Salah satu pengalaman paling indah bersama ngaro2 nerek ini..
    Thanks coach atas kesempatannya :D

    ps : tanpa mauk kita hambar ;p

    03/07/2015 pukul 11:58

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s