What goes around comes around..

Setingan Juara Nasional


Air to Fuel Ratio

12.3.2008


national-championsbw

Oke, Muba Hangtuah Juara Kobatama musim 2007-2008. Selamat buat semua yang terlibat dan juga yang merasa. Ini semua cuma buah dari apa yang ditanam masing-masing komponen dalam organisasi ini, atas sampai bawah. Semua yang direncanakan dan juga yang kebetulan. Bagian yang ditambah juga bagian-bagian yang dikurangi. Menarik sekali mengatur dan mengatur ulang segala sesuatu dalam proses perjalanan suatu musim kompetisi. 

dsc009571

Saya sangat beruntung dikelilingi oleh staff yg hebat dan para pemain yang mau berusaha untuk bersama-sama maju.

Kompatibiliti
Kata diatas sebenarnya saya kurang yakin benar artinya. Karena siapa juga yang bisa naik keatas tinggi hingga mampu menjadi juri. Menunjuk dan merubah hal mana yang harus diatur ulang dan sebagainya. Siapa yang menyatakan ini itunya yang pantas dan yang sebaliknya? Banyak lagi pertanyaan yang diotak point guard saya (kecil dibanding posisi lain di bolabasket) ini. Tetapi kita lihat saja pada porsinya masing-masing, bahwa pelatih kepala harus dan mampu mengatur dan menata ulang segala sesuatunya sesuai rencana dan target semula

Diawal sesudah turnamen pemain yang uang transportnya tidak cocok dengan sumbangannya di game kita atur ulang. Sebaliknya pemain yang sangat tidak menunjukan progres maju dikurangi jumlahnya (cut). Dalam perjalanannya staff saya ditambah dari segi jumlah, termasuk dari sisi tanggung jawabnya (mis. asisten teknik bantu di administrasi). Jam latihan juga kita set ulang hinga paling mendekati ideal sebagai tim yang bersaing di kompetisi nasional.

Pada latihan sendiri juga direncanakan sekompatibel mungkin dari tiga aspek pentingnya. Mental, teknik dan fisik disiapkan semumpuni mungkin satu sama lainnya sesuai tahapan persiapannya. Hal yang sama juga sibuat pada hubungan management  to coaching dan coaching to management.

Pelatihan ke Manajemen

Buat saya ini semua kompetisi ya.. jadi apapun kondisinya, saya sebagai pelatih kepala akan mengusahakan rencana saya supaya didukung oleh organisasi klub. Kalau itu sedikit melenceng dari rencana mula organisasi ya saya betul-betul minta maaf. Srimulat juga kan kalau suatu organisasi bisa dibuat melenceng oleh satu individu pelatih semata. Jangan-janagan memang kita tidak punya lurusnya (master plan) hingga dibawa belak-belok kemana saja nunut. Ehem, ujungnya keuangan morat-marit..

Ini benar-benar menjadi bahan yang baik sekali untuk  dipikirkan dari awal Karburator Koso 30mula saat mau berangkat perang ke sebuah musim kompetisi. Hingga tim benar-benar melihat presisi ke suatu titik yang sama dengan manajemen, demikian sebaliknya. Mudah sekali tentunya meminimalkan dual standard yang terjadi pada tim kalau setingan awal tepat formulanya. Kalau di karburator dikenal dengan istilah AFR (Air to Fuel Ratio). AFR mendekati pas, ngacir kendaraannya dan irit bahan bakar. Tidak akan ada lagi keluhan keuangan diakhir musim saat evaluasi.

Pengalaman Berharga

Musim lalu membuat saya semakin yakin bahwa tiada rahasia pada cabang olahraga ini. Hampir semuanya bisa dihitung dan disiasati perolehan targetnya. Bahwa kalau kita mau pemain bisa melakukan slam dunk pada tinggi ring 3.05 meter, pemain tsb. harus bisa lompat atau dan loncat setinggi 3.05 – (tinggi badan + raihan tangan). Dan biasanya ini akan diraih bila si atlit dapat mengangkat beban (squat / leg press) 3x berat badannya sendiri atau lebih.

Sederhana bukan! Ya, sesimpel keinginan sebuah tim untuk menjuarai sebuah liga. Kita hanya tinggal mengukur perolehan rataan angka tim yang paling jago di liga tsb. dan kita tekan dengan pertahanan kita sampai menjadi lebih kecil dari perolehan angka tim kita. Dengan dinamika sana-sini pada prosesnya, tujuan akhir bisa dicapai.

Tinggal kemampuan kita mengatasi masalah per detiknya dalam persiapan dan prosesnya. Ini yang membedakan pemenang dan pecun(dang). Percayalah, semestinya pengalaman musim lalu menjadi berharga kalau kita cermati sana-sininya. Hingga musim berikutnya kita tinggal copy-paste + adjustment sedikit guna mencapai cita bersama. Nah, hal ini yang membedakan sebuah organisasi juara dan organisasi juara kebetulan.  Gak tahu AFR yang pas berapa cuma kebetulan aja larinya ngaciiirrr tapi boros! Hehe.. yang terakhir tadi kental betul dengan liga Kobatama kita.  Tuw –  weew – wew – wew…

PS:
AFR yang pas adalah 12,5 :1 atau dengan 12,5 molekul udara akan membakar habis 1 molekul bensin. Kemarin saya di Bandung memperhatikan sebuah tim IBL yang kebanyakan bensin, boros sekali tim itu. Silahkan set udara seideal mungkin (ada alat dan caranya) jangan ngasal bikin setingan karbu, eh maksud saya bikin tim!

Iklan

One response

  1. xaverius_wiwid

    thank coach. Gbu

    23/06/2009 pukul 22:03

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s