What goes around comes around..

Pertandingan Draft 2006


6.3.06

Kompetisi IBL tahun ini akan digelar mulai 5 April. Sebelumnya sebuah turnamen (10 Maret) akan mendahului kompetisi utama dengan menggunakan pemain asing seperti tahun lewat. Pemilihan pemain import yang hanya dari negara tetangga (philippina) ini digelar kemarin (5 Maret) melalui sebuah game semacam uji coba. Tim berisikan pemain pilihan IBL kemarin bermain melawan tim legiun asing. Tim IBL All-Stars (Didampingi Ocky Tamtelahitu) membabat kumpulan pemain Philippina (Didampingi Toto Sudarsono) dengan hasil akhir 104-83 

Pribadi saya sedikit terusik ketika saya ditunjuk untuk menjadi pelatih yang mendampingi tim IBL All-Stars ini. Bagaimana tidak? Menurut saya yang hanya seorang pelatih pembantu di Satria Muda Britama harus membimbing pemain All-Stars Liga Basket nomer satu kita. Sama sekali saya tidak merasa takut atau grogi dan sebagainya, hanya saja kalau dari sisi kepelatihan saya pikir pelatih-pelatih kepala yang ada di IBL lebih pantas dari segi jabatan. Sekali lagi lebih pantas dari segi jabatan.

Lagipula profesi kita harus kita sendiri yang mendukung. Jangan kerena game ini dianggab enteng jadi siapa saja boleh memimpin jadi pelatih. Kesannya memang kita tidak punya aturan. Bangsal pelatih-pelatih terlihat kosong tak berpenghuni.

Jabatan asisten pelatih saja mungkin mereka pikir cukup untuk sekedar memimpin game kemarin. Tapi masalahnya adalah kita semua tidak sama dalam memandang pertandingan kemarin atau malah mungkin setiap pertandingan Bolabasket dimana saja.

Seorang teman pelatih dengan gelar sarjana keolahragaan menelpon seusai pertandingan ini. dia bilang saya terlalu tegang dan serius memimpin game yang hanya seperti itu. Yaa.. buat saya pribadi tiap game itu punya jalannya sendiri untuk memeras otak kita terlepas dari model apa pertandingannya, uji coba, eksebisi atau kompetitif.

Beberapa hal tetap harus saya perhatikan di game kemarin sebagai pelatih liga yang menuju profesional di negara ini (Hanya Tuhan yang tahu kapan liga kita bisa benar-benar Pro). Pertama dan yang paling atas adalah faktor keselamatan dan keamanan pemain yang kita bimbing dalam pertandingan itu.

Berikutnya game ini adalah untuk memilih pemain asing, jadi game ini sepantasnya dibuat sedemikian kompetitif hingga terlihat kekuatan dan kelemahan pemain asing yang mau dipilih. Hingga saya berusaha memainkan beberapa jenis pertahanan walau akhirnya baru sebentar menjaga daerah (Zone) seorang komisaris IBL menghampiri saya supaya tidak menggunakan penjagaan daerah. Alasannya tim-tim IBL yang memilih tidak dapat melihat aksi serangan individu legiun asing.

Sementara mereka (legiun asing dan Toto Sudarsono sebagai pelatihnya) melakukan penjagaan daerah hampir lebih dari 3 perempat babak, apa tidak ada yang mau melihat aksi penjagaan individu pemain asing. Hmm.. buat beberapa orang memang serangan lebih penting dari penjagaan. Jangan-jangan sudut pandang kita berbeda?

Yang terakhir adalah saya tidak mau membiarkan game ini lewat begitu saja buat pemain lokal kita. Disetiap pertandingan idealnya pemain mendapatkan suatu pelajaran dari menit bermain mereka. Hingga saya harus tetap menginformasikan apa yang saya lihat baik dan apa yang saya lihat kurang baik dari pemain IBL kita. Saya yakin memang kita semua tidak sama dalam melihat sebuah pertandingan.

Kira-kira seberapa seriuskah seharusnya seorang pelatih memimpin sebuah pertandingan macam kemarin itu. He,he.. Lagian berapa banyak orang sih yang serius fokus mau jadi pelatih basket di negara ini. Oh iya sebelum lupa, pertandingan draft kemarin itu sangat penting buat Bolabasket Indonesia (titik!). Ok, sekarang saya sudah lupa sama Draft Game kemarin itu.

 

Tinggalkan Balasan

