What goes around comes around..

CEPAT SEKALI BUNG!


12.9.98

Permainan cepat memang merupakan bagian dari cabang Bolabasket. Olahraga ini pada dasarnya memang bisa cepat dan bisa lambat seperti sebuah tim di KOBATAMA yang bisa cepat, lambat dan juga bisa tidak masuk Final four Tanpa mengesampingkan faktor kesalahan dalam pelaksanaannya yang juga tinggi, tim akan diuntungkan dari segi perolehan angka, karena fast break adalah cara paling mudah dan instan untuk itu.   Penonton juga akan di untungkan dari segi hiburannya sehingga tidak membosankan. Penonton banyak tentu akan menguntungkan Bolabasket dari segi Liga-nya. Sponsor juga akan melakukan fast break masuk. Otomatis Liga tersebut juga akan melakukan fast break dalam perkembangannya.

Klub2 luar negri yang tergabung di Liga2 yang sudah maju seperti NBA, Liga Korea, Jepang,Cina dan Liga lainnya sangat mengerti apa itu fast break dan sangat mengerti bagaimana memaksimalkannya.

 Sangat baik apabila kerancuan/kesalahan dalam menilai tim mana yang cepat atau pemain mana yang sangat lambat tidak terjadi. Bila (sudah) terjadi tentunya akan sangat merugikan atau merendahkan sebuah Liga seperti Kobatama, yang standar sebenarnya lebih dari apa yang sebuah STASIUN TV (melalui komentatornya) coba uraikan.

Sepertinya factor-faktor di bawah ini tidak ada ruginya untuk di lirik sebentar sebelum menilai tim/pemain yang bermain cepat atau lambat.

Punya Kemampuan Atletik Sangat Baik

Permainan cepat akan lebih sering terjadi dengan sendirinya apabila ada pemain-pemain ini di sebuah tim. Karena dengan kemampuan pemain2 ini untuk berlari, memotong dan mengisi jalur kiri dan kanan sisi dalam lapangan, akan sangat memudahkan untuk di passing. Mereka akan sering terbuka dalam situasi ini karena kecepatan mereka untuk menciptakan peluang diri sangat luar biasa.

Tidak sedikit angka dari pemain-pemain ini yang tercipta dari serangan cepat. Rommy Tanaka Patipeylohi (Aspac), Lucky Pinontoan (IM Texmaco) dan I Gede Agus Wahyudi (Panasia Indosintex) adalah beberapa dari yang dimaksud.

Adanya Outlet Pass – Big Men yang Baik.

Banyak big men yang sangat lamban atau ceroboh dalam melakukan outlet pass. Tetapi apabila sebuah tim punya big men dengan kemampuan outlet yang baik pasti akan menciptakan banyak kesempatan melakukan serangan cepat.

Kesalahan awal dalam melakukannya juga dapat diperkecil. Karena setelah defensive rebound, outlet pass-lah yang memulai situasi ini. Fictor Gideon Roring (Satria Muda), I Made Sudiatyana (Bhineka) adalah pemain-pemain yang sangat baik untuk urusan ini.

Guard yang Bagus

Walau aturan tim belum/tidak ada untuk fast break, atau kalau pemain lainnya kurang atletik, tetapi tim itu punya seorang guard yang baik dalam membaca setiap kesempatan, tentu paluang untuk membuat angka paling mudah ini akan sering tercipta. Dia akan menusuk, memancing pertahanan lawan untuk membuka peluang bagi kawan-kawannya dalam hampir setiap transisi serangan. Nano Sukarma (CSP), AF Rinaldo (Aspac) adalah pemain-pemain yang sangat menikmati dalam melakukannya.  

Penjagaan yg Baik

Serangan ini tidak jarang terjadi sebagai buah dari pertahanan yang baik. Sebuah steal, intercept dan bahkan sebuah block shot akan membuka kesempatan awal fastbreak.

Tim seperti SM yang punya ‘tukang tampel’ dan ‘tukang nyolong’ sering kali menikmati transisi serangan yang baik dari pertahanan yang bagus.  

Momentum

Beberapa hal atau faktor dalam Bolabasket yang sebenarnya kemungkinan terjadinya sangat/lumayan kecil,pada satu game sering terjadi sebaliknya. Misalnya guard-guard lawan yang rataan turn over-nya hanya 1,3 pada suatu malam dia/mereka membuat kesalahan lebih dari 3 error. Seperti kita ketahui guard bermain agak di luar, jadi kalau kesalahan terjadi pasti akan lebih cepat di serang karena lebih dekat jarak transisinya. Hal ini akan membuat sebuah tim juga jadi kelihatan cepat dalam suatu game.

Masih ada lagi moment atau saat yang mendukung permainan cepat , contohnya kebetulan dalam satu tim lebih banyak pemain muda (maunya lari terus), di saat suatu game sudah tidak menentukan, lawan malas untuk kembali bertahan, musuh memasukan beberapa pemain tinggi yang otomatis lebih lambat dan masih banyak lagi saat-saat yang mempengaruhi permainan cepat terjadi.

Kalau hanya beberapa poin di atas saja yang terjadi maka konsistensi serangan cepat dari sebuah tim pasti kurang baik. Tiap musim akan berubah, bahkan setiap game tidak menentu. Sudah barang pasti hal ini akan berpengaruh juga ke prestasi tim tersebut. Tim langganan final seperti Aspac adalah contoh tim yang secara luar dalam diatur oleh sebuah konsep serangan cepat yang matang.

Mereka punya permainan yang mengatur pergerakan bola dan jalur orang yang sudah dibakukan. Aspac juga tahu betul menempatkan orang2-nya di saat dan spot yang baik untuk memulai sebuah serangan cepat. Aspac punya orang yang defensive reboundnya baik, kemampuan atletiknya baik, baik dalam penjagaan dan seorang point guard kelas nasional yang peka membaca setiap kemungkinan/kesempatan serangan cepat.

Berhubung Bolabasket adalah permainan tim maka inilah yang dapat disebut dengan cepat. Bukan satu, dua atau tiga pemain dalam suatu tim yang disebut cepat. Golden State dulu punya trio yang terkenal dengan sebutan RUN-TMC yaitu Tim-Mitch-Chris. Tetapi sayang kehebatan ketiga pemain itu tak dapat membawa Warior ke jenjang yang di harapkan.

Memang, di butuhkan hanya beberapa pemain untuk memulai permainan Basket, tetapi di butuhkan lebih banyak pemain untuk menyelesaikan game dengan kemenangan. Demikian juga halnya dengan permainan cepat dalam Bolabasket. Bukan membahas cepatnya sebuah gim dari jumlah total kepemilikan bola. Semua yang diatas barusan adalah cepat dalam hanya satu transisi serangan dalam satu kepemilikan bola (ball possession) Bagaimana menurut anda bung, banyak faktor hah!!! HAH!!!!!

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s