What goes around comes around..

Jatuh Cinta: KEIHIN PWK28 Sudco..


PWK28 Sudco, Wuenaaak..

Seting (dalam segala aspek dan bidang) selalu menjadi hal yang menarik. Utamanya di Bolabasket, tapi pengabutan motor juga kental dengan gambaran hidup dan setingannya. Semuanya bisa berubah-ubah dan diubah sesuai dengan keadaan pada saat tertentu. Dana, data dan juga ketersediaan barang menjadi penentunya. Ini juga yang menjadi alasan kenapa rambut dan bentuk badan saya selalu berubah sesuai situasi pada waktu tertentu. Hehe.. Dasarnya memang penasaran aja sih, beberapa model karbu motor saya coba colok bergantian di rentang waktu yang berbeda-beda.

Keihin PE-28

Pertamanya karbu bawaan Suzuki Satria F150 Mikuni BS26 saya ganti dengan Keihin PE28.   Jeting sebentar dan dapet paling enak di pilot jet 38 – main jet 118. Jauh lebih responsif dan memang juga pastinya jauh lebih boros (bervariasi tergantung cara bawa motor).

PE28, Power lebih rata..

Dari putaran mesin rendah sampai atas enak aja responnya. Langsam agak bermasalah terutama kalau udah jalan lama. Mungkin karena idle jet yang ujung puterannya kuning (Sudco punya warnanya hitam) udah dipotong dikit supaya gak mentok rangka kanan epyu.

Koso-28

Ada yang jual 2ndnya nih, cepet2 aja saya ambil pas lagi ada dananya juga kebetulan. Weits jeting yang di PE ternyata blebek (terlalu basah/kaya) dicolok langsung di Koso ini. Busi pada item dan gak enak banget dibawa buat harian. Jeting sana-sini dapet minta turun terus sampe di paling pas PJ 35 dan MJ 105.

Koso28, Nafas atas panjang..

Ini aja masih blebek tengahnya, pindahin klip jarum ke paling atas baru enak buat harian. Seting angin coba sana dan puter sini, dapet deh merah bata warna businya. Langsamnya juga lebih stabil nih karbu. Ampun dah, pantesan pada bilang irit pake ini . Memang bawaannya udah ada power jetnya sih, tapi jeting minta kecil ini yang saya pikir bikin lebih irit (sekali lagi bervariasi tergantung cara puntir gasnya). Bawahnya lebih lemot dikit dibanding PE28, tapi nafas atasnya panjang aja! Enak buat ke Kelapa Gading pergi kerja tiap hari. NGEEEENG..

PWK-28 Japan (KX85)

PWK28 Japan, Jingkrak-jingkrak..

Beuuh, lagi enak pake Koso tau2 ada yang mo lepas Keihin PWK28 tangan kedua (pengen mode: ON). Nah, ini bikin nyonya agak melotot matanya. Harga bekasnya aja masih 2x  karbu-karbu (PE Thai dan Koso) saya sebelum ini. Setelah berusaha keras, akhirnya angkut ni PWK jepun punya.

Tiap hari abis evaluasi latihan (kerjaan) bentar, gonta-ganti spuyer. Jeting dapet di PJ 38 dan MJ 115 dengan klip jarum di #2 dari atas. Sesuaikan angin dikit, dapet deh busi merah bata. Performa di putaran (mesin) bawah enak bgt. Per kopling masih std aja mongtor di jamin nyundul2. Gak salah kalau ada suhu2 (teman2 yang banyak memberi info tentang motor) bilang ni karbu kuda jingkrak.

PWK-28 Sudco

Jatuh cintalah sama seri PWK Keihin ini. Cari tahu sana-sini eh ada yang keluaran Sudco. Harga barunya mahal bets, membuat saya gak berani bilang sama istri kalau niat angkut ni karbu. Waks kebetulan banget bonus juara kemarin baru keluar, huahahaha.. Angkut!

PWK28 Sudco, Rentang toleransi jeting..

Colok langsung spuyer se-setelan angin dan jarumnya. Sama plek-plek! Wuuuss… Ngacir, gak pake jeting sana-sini lagi. Tapi busi warnanya jadi lebih terang (lean). Wew, bisa naik lagi ni jets, pikir saya. Colokin PJ 40 ngacir loncat enak, coba 42 gak ada tanda-tanda kebasahan. Coba 45 suara knalpot lebih ngebas tapi gak ada tanda-tanda blebek-brebet gitu. Jauh banget nih rentang toleransinya buat harian (buat balap harus dicari presisinya).

Main jetnya gitu juga gak ya? Colokin 118 gak masalah, 120 oke aja.. 122 harus diurut bener bukaan gasnya (kalau ngga, akan brebet dikit banget) demikian juga dengan 125. Tapi intinya masih bisa dibawa harian enak dan terasa bertenaga (ngisi) banget. Nafas atasnya ada aja terus. Mungkin ini juga yang menjadi alasan MJ bawaannya 135. Rentang brebet dan blebegnya jauh aja. Udah ah, PJ 40 – MJ 120 aja yang dipasang buat hari-hari. Tarikan bersih, ngisi dan nyaman layaknya kuda besi harian lainnya. Kelapa Gading -Depok jaraknya masih sama kan? Ukur dulu ah..

About these ads

283 responses

  1. Johan SSFC 429

    welehhh… om ocky… ternyataa……………..

    ampun suhu ^_^

    07/01/2010 pukul 09:47

  2. SB - 74

    mantap koh!!!!

    riview na bagus!

    teruskan kooooh….. TM28 owe belom liat koh ;p

    07/01/2010 pukul 11:11

  3. ocim

    ngerti gw….ngerti….

    07/01/2010 pukul 15:54

  4. Ichsan Ruziek

    ntar gw suruh temen gw yang maniak FU juga comments ya Om …
    ;-)

    08/01/2010 pukul 09:07

  5. And1PlAYa

    Nice post bro, kebetulan mo ganti pengabutan nieh, pake yang mana buat CBR harian gw ya?

    08/01/2010 pukul 12:35

    • Denger2 FCR enak tuh bro, tapi setingnya sampe sakit gigi katanya..

      09/01/2010 pukul 18:42

  6. Anonymous

    wah tkut ni!!!!
    sya ko jdi tmbah tkut abis bca tulisan ni coach..
    “tkut pengin beli brang yg terakhir… weeek ngarep.com”

    15/01/2010 pukul 22:12

  7. derry yoeliatri

    jangan sampe si gopar bacaa….
    semakin banyak aja nanti yg dia gantii..

    18/01/2010 pukul 00:32

  8. Maydhi

    wah mantep bro,,,kebetulan saya lagi bingung bli pwk seken apa pe 28 rasa sudco,,,hehee,,,

    Tenaganya beda jauh ga bos??harga kan beda jauh gangetzzzzz,,,hehe

    18/01/2010 pukul 08:32

    • PE asli dan PE Sudco juga masih diatas sejeti bro harganya.. Tapi kalau pembandingnya (pada set mesin yg sama) pake PWK, ya pasti beda jauh banget akselerasinya.. :senyum:

      19/01/2010 pukul 00:52

  9. Anes

    brader…minta bimbingannya dong,buat harian pemakaian normal(ngebut sekali sekali)
    enakan pake nyang mana ya ??
    PWK 28 Sudco apa PWK 28 Jepun ??
    perbedaannya dimana sih secara fisik untuk kedua karbu itu.tq ya

    25/01/2010 pukul 03:48

  10. Fisik beda dari luarnya paling keliatan adalah setelan angin PWK Jepun di sebelah kanan. Sementara Sudco punya sebelah kiri. Jarum skep Jepun punya warna silver (NAPE), Sudco punya warna gold (JJH).

    Dua-duanya enak aja buat harian, broer..

    26/01/2010 pukul 03:55

  11. coki

    Sangat informatif, sampe budeg saya setting PE28 ngga dapet2 buat mio bore-up.
    Setelah baca tulisan mas Ocky saya langsung beli PWK28 sudco di pro-drag.com distributornya keihin.
    Dan hasilnya bagus banget,puas,ngga cape! Terimakasih banyak atas tulisan mas yang sangat bermanfaat ini.

    30/01/2010 pukul 16:58

  12. wahyu

    sesama user PWK 28 sudco .. pake di FU150 emang mangtabs!
    kalo aku pake PJ35 n MJ115 ok ajah bro.
    enak atas bawah

    03/02/2010 pukul 19:15

    • itu FU nya standart ??

      22/07/2012 pukul 23:18

    • Anonymous

      tergantung kondisi tempat juga om, panas atau dingin..

      24/03/2013 pukul 07:52

    • johan

      aku ada fu150.yg tahun 2012,bs gak ya pakai pwk..

      05/01/2014 pukul 21:18

  13. alvero

    sip… trims, sangat membantu… aku lg bingung mau pk karbu apa, skr jd th pilihan jatuh ke keihin pwk 28 sudco. sip

    15/02/2010 pukul 23:39

  14. edotaje

    Nice Info,Share,Review broo
    aye yg nubie ini jadi lbh tau berkat tulisan ente :)
    thanks

    27/02/2010 pukul 18:11

  15. arnold180691

    Kalau PWK 28 am PE28 boros nya jauh gx??
    Cz ‘niat ganti jd PWK niyh ngliat review diatas.. Hehe… :D

    21/03/2010 pukul 18:06

    • Umumnya gak beda jauh, tapi tetap lebih boros PWK dan dipengaruhi setingan – juga cara ngebuka-bukanya..

      23/03/2010 pukul 04:07

  16. siibelalang

    Pwk setting sgt motor suara motor kek pompong ga om???
    Open filter ap ga???
    Trus pke spuyer asli keluaran keihin apa yg aftermarket??
    Soalny sy setting pwk ampe bengek ga dpt2

    24/03/2010 pukul 11:04

    • PWK yg mana ni mas? Semua karbu yg saya pakai selalu dengan filter.. Sebaiknya asli spuyernya.. Pengalaman saya PWK japan lebih harus presisi jetingnya..

      31/03/2010 pukul 05:45

  17. Oman

    karna dana kurang,, hehehe..
    Saya cuma bisa pake pe28 thai di fu standar, pj/mj 35/115. Tengahnya kurang galak… konsumsi bensin masih boros euy…
    Ada yg bilang harus ganti nozel n jarum, biar murah pake nozel punya tiger, jarum punya ninja. (yg sudco kemahalan)
    Kira2 nozel tiger ada dijual gag ya?
    Di repairkitnya gag ada nozelnya.

    24/03/2010 pukul 18:25

  18. ferdi

    bro,klu mo cari per skep PWK ada yg stock gag ya, atau per skep yg mirip dari karbu motor laen,soalna per-na pernah dipakai temen ilang…

    25/03/2010 pukul 12:37

    • Setahu saya sudco ada jual kitnya, tapi untuk PWK per skep mestinya sama dengan koso. Tanya2 aja sama teman2 yg pake koso. Karena klo beli baru koso kasih per lebih..

      31/03/2010 pukul 05:50

  19. didiet_CB_Mutants_Bdg

    Mau nanya 2 hal nih Om :
    1. Saya pernah dikasi tau tmn, SUDCO itu kt nya semacam label garansi type karbu (PWK & PJ).. Kalo yg type PE label garansi nya apa ya.?
    2. Menurut pengalaman atau info dr temen2 nya si Om, kalo yg type PE 28, lebih baik pake KEIHIN T (ada bungkus HONDA nya,tp bkn ori copotan NSR SP) atau pake yg keluaran TDR.? Harga gress d Bdg setau Saya sama2 di rentang 550-650rb (tergantung yg jual). Hehe.!
    -TERIMA KASIH-

    27/03/2010 pukul 13:08

    • Sudco semacam distributor & racing parts development dari Amerika. Untuk karbu, Keihin dan Mikuni mereka tune lagi.. Biasanya PE yg harganya lebih mahal (bukan tipuan pedagang) lebih mudah setingnya..

      31/03/2010 pukul 06:02

  20. didiet_CB_Mutants_Bdg

    Sebelumnya tidak Lupa untuk mengucapkan… :
    N I C E I N P O H G A N . !!! :cendol:

    27/03/2010 pukul 13:16

  21. situwir

    ditunggu review pe 28 sudco nya
    lebih bagus klu ada head to head pe thai vs pe sudco

    30/03/2010 pukul 16:37

  22. abenk_inc

    susah juga seting PWK 28 Japan maupun SUDCO, kalo di betot gas langsung gak masalah, cuma kalao buat di ajak jalan santai atau puter gas stabil kaya naek kuda,,hufh
    padahal PJ MJ dah 38/118 juga,,apa memang PWK 28 sudco/japan gak mau di ajak jalan santai kali ya??

    09/04/2010 pukul 02:03

    • kaoskaki.ninja

      yai yalah,,pwk ntukn karbu buat motocross d amrik sono,,mknnya speknya cocok buat spek jakarta yg stop n go!!!stop lg dech ,,muacettt sich,bawanya lngsung betot j,,ati2 nyundul mobil/motor orng,,klo gk ntar lw yg d sundul orngnya wkwkwk

      14/05/2010 pukul 07:46

  23. kodokbalap.cihuy

    Niceinpohgan!!..hehe,..ane juga pake pwk28 jepun di pio ane om. tapi kenapa minta jettingnya kecil bener y?Pj38 MJ105? udah gitu busi masih pada item lagi pinggiranya, tengahnya sih merah bata. Trus kalo pas rpm lagi turun dari 5000 ke 3000 ato ke 2000, gas langsung ditarik kenceng ngga ada suara deh..kayak ngempos gitu (kalo kata orang si kurang gede PJnya?..padahal busi item). PWK om di epyu gitu juga ga?

    21/05/2010 pukul 11:48

    • Thanks,
      Dengan jets segitu performa gimana? Kalau oke, saya pikir gak masalah base ring (lingkaran terakhir paling atas drat busi) item. Malah bagus klo hitam kusam itu sampai kira2 dua drat dari atas, selebihnya drat kinclong bersih..

      Patokan warna busi selayaknya beriring dengan performa. Kalau performa sudah enak (powerful – tidak brebet) tapi warna busi tidak merah bata semuanya gak masalah. Busi tipe dingin dan busi tipe panas juga diperhitungkan..

      CDI pake apa? Sebaiknya set CDI (dan pengapian lainnya) dulu baru jetting..

      21/05/2010 pukul 12:23

      • kodokbalap.cihuy

        Ane tulisnya gini de..biar ga pusing bacanya om, hehe.
        PJ 38 MJ 105 (turun terus dari yang tadinya 48/120)
        Jarum Klip : Paling atas klipnya (Lean)
        Busi : NGK G Power (ini dingin apa panas y?,..ngga tau..hehe) warna hitam penampang atasnya yang dekat elektroda, tapi makin deket ke drat makin abu2. Warna jarum busi ujungnya putih, tapi warna keramiknya merah bata, trus payungnya (ngga tau namanya apa..hehe) warnanya merah bata juga.
        CDI : BRT I-max 16 Step
        Koil : YZ 125
        Performa :
        1.Langsam : Ok
        2.RPM 1000 – 1500 Berebet dikiiiit banget
        3.RPM 3500 – 5000 masih rada berebet dikit kalo dibejek dadakan, makanya di rentang Rpm ini ane majuin 2 derajat pengapianya, agak berkurang si berebetnya.
        4.diatas 5000 ok banget mau dibejek2 (tarik ulur grip gas) kayak apa juga ngikut aja ni motor, nggak ada berebet atau blebek.
        Problems :
        1. kalo RPM lagi turun, misal dari RPM 5000 gitu, turun ke 3000an atau 2000an, dan tiba2 gas dibejek kaget maka jadi ngga ada suara mesinya kek ngempos gitu. kadang kalo dibejeknya bener2 kaget, suka ngempos trus mati deh mesin
        2. Kalo RPM Turun tapi gas dibejek pelan, mesin mau naik RPMnya<< ini ok kan om?
        3. Kalo gas ditahan di 3000 or 2000 dulu baru di bejek kaget << ini juga ok naiknya om.
        Jadi intinya masalahnya ada di RPM Bawah deh om.
        Sekian laporan ane om, thanks udah ditanggepin, moga2 ngga pusing bacanya. heheheh

        21/05/2010 pukul 14:18

    • Pio ada pompa bensin vacum gak ya? Apa udah pake keran? Cek ini juga, telat bensin bisa karena ini atau juga bisa karena ketinggian pelampung di karbu. Mungkin harus set ulang tinggi pelampung. Kasusnya seperti gejala bensin telat dari tanki ke karbu..

      21/05/2010 pukul 14:29

      • kodokbalap.cihuy

        Hooo..jadi maksud om “ketersediaan bensin” di mangkok karbu kurang gitu ya? jadi waktu jarum skep naik gara2 dibejek kaget, nggak ada bensin yang bisa diseruput sama main jet gara2 ketersediaan bensin di mangkoknya kurang gitu ya??… tapi gejala kurang bensin ini nggak ada kalo ane pake jets 48/120 om..tapi ampun dah kalo pake ini..nggak enak banget mo disetting kayak apa juga…hehe..yasud, ane coba dulu utak atik pelampungnya, kalo udah ktemu penyakidnya nanti ane share lagi ya om..thanks..

        21/05/2010 pukul 15:02

  24. Kuncoro

    om, PWK 28 sudco bisa pake 38/120? terus putaran anginnya ?

    28/05/2010 pukul 12:10

    • Bisa aja, setelan angin harusnya gak jauh dari permintaan mesin masing2..

      28/05/2010 pukul 12:13

  25. Kuncoro

    Tapi knapa pas digas terus dilepas, turunnya rpm lama?
    Btw, kira2 1ltr brpa km?

    28/05/2010 pukul 12:18

    • Beli baru apa bekas mas? Klo bekas bisa aja per skep udah lemah atau udah diganti yg soft sama pemilik lamanya. Hal ini bisa bikin rpm turun pelan cenderung lama.

      Bisa juga karena jeting terlalu kaya atau basah, juga bisa karena cuaca.. Seting dalam garasi saat diluar hujan kerap muncul situasi rpm telat turun..

      28/05/2010 pukul 12:33

  26. Kuncoro

    warisan kakak di ninin.
    Jadi enaknya buat harian yg ga boros, settingannya

    PJ/MJ ? (stock PJ=35, 38, 40, 38; MJ=110,115,118,120,122,148)
    setingan udara?
    posisi skep?

    28/05/2010 pukul 12:41

    • Banyak faktor untuk menentukan jets, dan masing2 motor permintaanya tidak spesifik sama (pada mesin yg sama2 setandar pun..)

      Karbu skep pasti lebih konsumtif dari karbu vakum, dan PWK lebih banyak mium dibanding PE. Kebayang kan maksudnya..?

      28/05/2010 pukul 12:47

    • Anonymous

      pj mana sesuai & mj sesuai untuk fu .

      31/07/2011 pukul 19:56

  27. Kuncoro

    Btw, motornya FU

    28/05/2010 pukul 12:41

  28. shino kncc

    wah info bagus neh ommm,,,thanks ya,,,jadi pengen ganti keihin pwk SUDCO 28..berhubung yg sekarang karbu standartnya keihin PE 28 nya banyak masalah,,ya skepnya nyangkut mulu..bawa motor jadi ga enak,,

    06/07/2010 pukul 09:40

    • Terima kasih sama2 om, coba bersihin karbu dulu trs cek jalur kabel gas dan panjang kabel. Semangat om..

      10/07/2010 pukul 23:56

  29. jozz, mas bro, ente athlete, tapi hoby jetting juga :D ha ha ha salut deh

    salam kenal : http://azizyhoree.wordpress.com/

    30/08/2010 pukul 00:57

  30. Permisi suhu pemakai Fu…
    mw share nie tentang PWK 28
    motor ane sudah di porting,cdi TDR…
    tapi jetting untuk PJ/MJnya brapa yah yg pas ??
    ane sekrang pakai PJ=38 MJ=102 …
    masih kebasahan trus pada saat langsung di bejek gas langsung ngempos…
    tolong sharenya para suhu…
    makasih….

    29/09/2010 pukul 01:10

    • Alo mas, coba pastikan setelan angin sudah di cek and sesuaikan dulu. Tinggi pelampung juga di set dahulu sesuai dari stdnya.. Cek juga keihin.com untuk jelasnya.

      Thx

      24/10/2010 pukul 11:20

  31. Anonymous

    Suddconya mau dijual gak gan

    23/10/2010 pukul 15:17

  32. nyonk

    boss low d’motor gl 100 bisa k tidak ni . . . .

    23/10/2010 pukul 19:18

    • Sesuaikan besar ventury dan atau spec mesin bro.. Dari sini baru kita bisa tentukan mau pakai karbu apa. Thx

      24/10/2010 pukul 11:23

  33. nyonk

    boss pke karbu ap bleh yg bgus tuk
    d’motor gl boss . . . .

    30/10/2010 pukul 20:14

    • Merek atau jenis motor tidak menjadi patokannya bro. Tapi lebih ke spec motornya sendiri. Contoh, klo GL bore up sama GL Setandar tentunya permintaan pengabutan juga akan berbeda..

      Kalau GL setandar, cukup pake karbu skep yg seukuran dengan setandar bawaan GL atau naik ukuran ventury satu step.. :)

      02/11/2010 pukul 17:41

  34. nyonk

    boss low d’motor gl tuk yg cocok pke
    karbu ap bleh e. . . .

    30/10/2010 pukul 20:17

  35. big

    boss
    qu pakay koso 28
    susah banget nyetingnx……

    caranx gimana ya ?
    thnk’s

    01/11/2010 pukul 13:33

    • Paling pertama sebaiknya cek ketinggian pelampung. Sesuaikan dengan ketinggian pelampung setandar bawaan dari koso (lembar kuning dalam kotak kalau beli baru). Abis itu baru mulai jeting dari PJ ke setelam jarum skep dan ke seting MJ.

      Biasanya koso minta kering baru mau bersih tarikannya. Bisa mulai dari PJ dan MJ kecil dulu dan sesuaikan dari situ, tergantung masalahnya dimana? Cek setelan angin dan jarum juga kadang hanya disini masalahnya.. :)

      02/11/2010 pukul 17:37

  36. big

    thnk’s bos
    tp fu qu lg d bengkel ney
    ngu bore upanx selesai
    tar lo selesai baru nyeting ulang lg tu karbu….
    hehe….

    05/11/2010 pukul 08:48

  37. kinjeng

    Bro,ternyata pwk 28 banyak mcmnya. Pwk japan aja ada yg keluaran kehin langsung n ada yg kx boxnya kawsaki genuin part. Blm lg ada pwk thai,yg bentuknya mirip bgt,susahnya klo ktm yg ini bs ketipu abis. Gmn solusinya bro..

    11/11/2010 pukul 09:42

    • Di Tulisan diatas sudah ada sedikit ciri2 dari PWK japan dan Sudco. Dari situ bisa jadi patokan untuk membeli yang asli..

      02/01/2011 pukul 21:35

  38. big

    udah selesai d bore up brooo
    tp atasnx tu karbu mch g enakk
    knpah ya ?

    16/11/2010 pukul 09:29

  39. big

    bos,,
    susah nie nyetingx g dpet2,,
    PJ MJ udah kcil,,
    PJx 22,5 MJx 100
    te2p basah,,
    gmna donk,,???
    thanx’s

    24/11/2010 pukul 22:43

    • Koso modelnya mirip dengan PWK dan bisa pakai spuyer (pj/mj) PWK. Setahu saya PJ-nya gak ada yg 22,5. Coba cek dulu karbunya koso atau bukan..

      02/01/2011 pukul 21:39

  40. ghepunk

    boz. . .
    q pke pwk japan,pj 40 mj 110,cdi brt neo dualband,busi denso iridium. . .
    mhn arahan kog tarikan rpm cpt bgt naik ya. . .
    tapi top speed blm dapet. . .

    01/12/2010 pukul 09:14

    • Kemungkinan kekeringan bro, coba set ulang dari spuyer besar dulu dan cek busi..

      *Edited

      02/01/2011 pukul 21:45

  41. arysanjay@yahoo.com

    mas2 mohon bantu info
    sy punya FU
    cdi BRT DUAL BAND
    karbu PKE PE 28
    yg saya mo tnyakn untuk set pj n mjnya
    pke ukuran brp yyy???biar tarikany ngg brebedt

    10/12/2010 pukul 11:54

    • Jeting sesuai permintaan mesin bro.. Biasanya brebedt tanda spuyer terlalu kaya bensin.

      02/01/2011 pukul 21:50

  42. tomz182

    UH OH PWK 28 SUDCO..
    karbu impian..
    (maklum pelajar, nabung pke uang sangu)
    salam kenal.. =D

    gini masbrogan, mo nanya,
    saya pemake epyu juga..
    agan filternya pke KNN kah?

    trus mnurut agan klo pke karbu ini tapi knalpot std masi tetep mumpuni gak?
    (silencer std pipa tsukigi)

    ditunggu replynya..
    sory klo ngerepotin..
    piss..

    12/01/2011 pukul 17:42

    • Alo juga Masbrogan,
      Saya dulu pake K&N tapi terlalu banyak masalah saat hujan turun (air masuk karbu). Jadi saya lepas dan tidak pakai filter sampai sekarang. Merek tsb memang yang terbaik kalau brogan mau pasang filter udara.

      Mumpuni sebenarnya terlalu rancu disini. Karena kalau untuk performa penuh memang sebaiknya semua mengikuti. Pengapian diperbaiki artinya pengabutan juga sebaiknya upgrade. Demikian juga pembuangannya atau knalprotnya juga sebaiknya yg free flow dst dsb..

      Tapi kalau pertanyaannya mumpuni maksudnya ada perubahan meningkatnya performa kalau pake PWK dan hanya silencer std + pipa tusukgigi jawabnya iya ada perbaikan. performa..

      12/01/2011 pukul 19:25

  43. tomz182

    pwk 28 sudco tapi open filter masbro?
    ga sayang skep baret kah?

    saya eks PE28 user..
    emang sih open filter mantap, tapi klo buat kdepannya, aduh.. skep baret.. udah coba benerin (crome skep ama ganti skep) + bawa ke tukang reamer.. ga bisa.. (skep nyantol + mbrebet.. (gatau lagi sih klo direamer bisa jadi bener gak..)

    ini skrg pke karbu std open filter..
    ga bisa stasioner.. rpm naik turun muluk.. (udah rusak kayaknya) mangkannya pgn ganti karbu lagi..
    *maaf klo agak curhat he182x

    klo ane liat speknya masbro pke knalput DBS ya? itu knalpot impian saya jugak.. T.T
    cuman ya gitu.. harganya.. (apalagi denger2 DBS lebih mantep klo udah bore up, klo masi std ga krasa.. benarkah?)

    maaf klo nanya + curhat ya om masbrogan..
    piss :D

    13/01/2011 pukul 16:34

    • Open filter memang tidak dianjurkan masbro.. Dengan alasan ketahanan parts mesin dan karbu.

      Mengenai knalpot enaknya minta diitungin sama tukang knalpot aja gan. DBS mesin std tetap terasa kenaikan performanya. Sudah bore naik pun bukan jaminan pas dengan DBS. Intinya masalah pembuangan harus berhitung kalau mau maximal.

      Salam kenal..

      14/02/2011 pukul 21:39

  44. mr z.

    om mw tany nh…
    kita nh punya pe 28 jepun …kok jarum’a patah mulu y ???
    apa mesti di kasih pil biru byar kuat ??
    hhee…
    makasih…

    29/01/2011 pukul 12:11

  45. Anonymous

    Om…seting PWK 28 Sudco untuk start awal clip jarum taruh posisi berapa? stelan angin juga dari berapa?

    Tks.

    31/01/2011 pukul 08:14

    • Pada klip paling tengah atau #3 dengan angin setelannya tergantung masing2 mesin. Pengalaman saya di rentang 1,25 – 1,5 putaran membuka (ke kiri)

      31/01/2011 pukul 10:34

  46. tri

    bro tolong di share konsumsi bensinya ketika pake PE, KOSO, PWK & PWK Sudco ^_^

    09/02/2011 pukul 15:51

    • Halo bro, soal konsumsi bensin sudah pasti lebih boros dari karbu vakum. Dan sepintas saya semua karbu diatas terpaut tidak jauh dalam hal konsumsi bensin a.k.a beda-beda tipis. Tergantung seting (harian/kompetisi) dan cara berkendara.

      14/02/2011 pukul 21:24

  47. nuteyha

    Pagi Om….
    kalau gas diRPM 3rb turunnya lambat banget kenapa yah? padahal per”Skep” udah ganti pake yang baru!
    spek motor >>
    – CDI BRT Hyperband
    – Coil YZ125
    – Karbu PWK28 Sudco PJ38/MJ105
    Jarum taruh ditengah atau #3 dengan angin setelannya 1,5 putaran

    posisi dibogor, cuaca gak jelas (dingin, kadang panas)
    Mohon inponya Om..

    Tks

    14/02/2011 pukul 09:19

  48. Om Nut apa kabar? Udah coba naikin pj satu step atau tutup setelan angin jadi 1,25 putaran? Busi masih bagus kah? BTW, knalpot free flow ya?

    Share lagi ya om, biar sama-sama belajar..

    14/02/2011 pukul 21:30

  49. nuteyha

    Kabar baik Om Ocky…motornya nambah kenceng banget nih…?

    kalau angin udah 1,25-1,30 trus busi bagus Om, knalpot sekarang tsukigi silencer standaran ajalah, banyak razia! mesin kayaknya kekeringan nih…soalnya overheat.

    sekarang pake 40/118 udah agak lebih baik, cuman langsam aja kurang stabil akibat cuaca yang tidak menentu…

    18/02/2011 pukul 10:40

  50. tri

    sekarang gw pake pwl 26, fc cuma dpt 1:25-26 :(
    mau coba ganti yg lebih besar venturinya,
    cuma bingung mau pake antara pe ato koso buat harian, apa benar koso lebih irit? kasih masukan donk :D

    22/02/2011 pukul 11:52

  51. ekho pentil

    suhu mau tnya..
    hrga pwk 28 jpun nya brpa???
    n sudconya jg brpa hrganya???

    mkasih sblumnya

    29/03/2011 pukul 21:08

  52. Ekho SSFC MKS

    om mau tnya…

    klo pwk jpun brpa hrga barunya…???
    trus klo sudconya brpa jg???

    30/03/2011 pukul 13:12

  53. bajoel

    Nambah top speed g mas dr pe ke pwk

    17/04/2011 pukul 17:26

    • Pengalaman saya enakan PE sudco dari PWK sudco top speednya.. :)

      15/05/2011 pukul 00:59

  54. pedro

    masbro
    ane mau nnya nih
    kan ane udah pake pe 28 nih
    mending ganti pwk 28 sudco
    apa ganti noken as dulu ia?

    12/05/2011 pukul 23:06

    • Iwan bks

      Ane pwk 28 sudco bro, mungkin mau tukar ma pe 28 ente? pe nya ori japan? Thx

      15/05/2011 pukul 21:22

      • pedro

        pe ane punya thailand gan

        23/05/2011 pukul 13:23

  55. Saya pilih Noken as dulu (dengan perhitungan yang mantap)

    15/05/2011 pukul 01:01

    • pedro

      ok makasih masbro
      oh ia
      gunanya gir rasio itu apa ia om?
      nggaruh ngga kalau ganti gir rasio tapi mesin ngga di bore up

      23/05/2011 pukul 13:22

  56. Iwan bks

    Bro, ane punya pwk 28 sudco asli, dan mau tukaran ama agan2 yang punya pe 28 nsr sp atau sudco, atau juga mikuni rr asli. (dgn kondisi mj dan pj nya masih standar buat harian).gimana bro ada yang bersedia tukar tambah? thx. iwan bks

    15/05/2011 pukul 21:16

    • tri

      saya ada bos mikuni rr asli copotan ..mulus gan

      28/05/2011 pukul 14:12

  57. ade

    bro,,kemaren saya pake PE28…ada kejadian dikebut,,trus mesin mati,,pada akhirnya ganti boring,,itu kenapa boss??

    05/07/2011 pukul 08:32

  58. Jocker

    Permisi suhu&senior disini.. Ane pnya masalah dg skep pe28 yg baret. Pdhl dah dpt jetting yg pas. Solusi na gmn yak? Diakali ato ganti skep? Kalu ganti, pake skep apa? makasih inpo yg sangat ane tunggu dr suhu&senior di sini..

    11/07/2011 pukul 11:44

  59. Anonymous

    Halo om, PWK lbih mantap yg yg kluaran sudco ap yg laen??

    14/07/2011 pukul 20:32

  60. satrialiar69

    very nice info bro
    awalnya F ane make PE28, trus sekarang make PWL26, belum terasa sih efek PWL26 nya, soalnya sejak ganti karbu belum pernah dipake jalan, gak ada kesempatan…hehehehe

    09/08/2011 pukul 09:41

  61. jon

    masbro gimana setting pwk 28 kawasaki buat satria fu kok ganti pj35 dan mainjet 110 masih bash mulu..mohon solusi

    17/08/2011 pukul 08:46

    • Ada baiknya cek pengapian juga. Busi koil cdi dan kabel busi yg mungkin longgar atau bermasalah. Cop busi yg longgar juga kadang memberikan kesan terlalu basah.
      Sesuaikan angin apa juga sudah dilakukan? Setel jarum?

      30/08/2011 pukul 20:28

  62. ason

    Kalo gitu kesimpulannya lebih enakan pe28 sudco drpd pwk 28 sudco ya?

    17/08/2011 pukul 19:56

  63. ason

    Setelah melihat,mengamati,dan mempertimbangkan,akhirnya saya memutuskan untuk membeli sudc pe28,dan setelah selesai dipasang di satria fu saya sempet kaget. Gas diputer sampe mentok,ngga ada gejala brebet sedikitpun,setelah setting saya coba tes sambil jalan,hasilnya sangat memuaskan.gas diputer dikit aja motor udah langsung ngacir,apalagi kalo dibejek,badan sampe mundur ketarik.pokoknya ga nyesel make pe28 sudco.4 huruf PUAS

    24/08/2011 pukul 19:37

  64. Anonymous

    mantap nih…. ikut mantaw ah…….. sekalian belajar…. ;p

    01/09/2011 pukul 04:28

  65. ason

    Kombinasi pj/mj paling enak sementara didapat di 38/115,setelan klip diposisi paling atas. Saat pengetesan dari 0-130 kpj lumayan cepet,tenaga merata dr puteran bawah hingga atas. itu belum gas pol,msh nyisa sedikit,tp nyali saya keburu ciut duluan makanya ga berani sampe top speednya hehehe. Spec fu saya,koil yz125,cdi brt powermax dualband,knalpot R9 new mugello,busi denso iridium aiu27,pe28 sudco+pertamax plus,dengan kondisi mesin masih standar,belum porting sama sekali.

    01/09/2011 pukul 12:09

  66. ason

    Sore hari kemarin saya masih penasaran dengan jettingnya sudco pe 28 ini. Dg kondisi jetting skrg yg masih sangat basah,busi hitam,kenalpot sampai mengeluarkan asap hitam yg artinya pembakaran belum sempurna saja tarikan sangat enak dan bersih,tidak ada gejala blebek/ngok sama sekali.sepertinya karakter pe28 sudco memang agak lebih basah. kmrn sore saya berpikir untuk mencari jetting yg lebih pas,akhirnya pj 35 dan mj 102(pwk) berhasil didapat,dan mungkin nanti siang akan saya review untuk hasilnya. :)

    11/09/2011 pukul 07:53

  67. ason

    Jetting dgn pj 35 mj 102 ternyata diluar harapan saya,langsam sangat stabil,dapat di 1 1/2 putaran udara,tp bgitu dibejek mesin teriak,ajrut2an,ga mau lari,Kekeringan hehehe,langsung saat itu jg berburu mj 110 dan 112,setalah dipasang,setting sana sini,akhirnya ketemu sementara ini di pj 40 dan mj 110, udara dapat di 2 putaran.untuk top speed blm sempet ditess,keburu capek,lemes jetting seharian.

    11/09/2011 pukul 16:24

    • Wah informatif sekali bro, ditunggu repiu selanjutnya ya.. thx

      13/09/2011 pukul 08:17

  68. apen

    pwk28 sudco di pio, dapet info di 48/120… akhirnya setelah peralatan di dapat seperti spacer + O-ring pio asli yamaha + baut 8 pjg 4cm 2 biji, dan MJ+PJ dipasang deh… setelah di pasang agak kurang enak bgt… terutama putaran tengah… cek busi itemmmmm bett… curiga PJnya kegedean turunin PJ ke 45, eh malah makin ga bener… malah makin item, anehhh… iseng pasang PJ 35, putaran mulai di tengah ke atas ga mau turun, ga salah lage MJ nya pasti kegedean, ngengggg… belanja deh MJ ukuran 105 + 110 sama PJ38 takut PJ35 kekecilan…. pasang PJ35 +MJ110… akhirnyaaaaaa ini diaaaaa passsssss.. mulusss bgt… tapi putaran bwahnya agak sedikit berebet kalo di gas, akhirnya colok PJ38… selesai deh… alusssssssss

    25/09/2011 pukul 18:34

  69. dukie

    Halo bro mau tanya ne, kl karbu PWK 28 itu aslinya bwt 2 tak ya?kok ada lubang oli sperti di karbu 2 tak (contoh karbu king)? Pengalaman ane itu pernah pake karbu ori king buat Binter merzy 200cc lubang olinya ane tutup br bisa enak dipake. Nah kemarin ane baru pake karbu PWK 28 trus pas ane pasang ke Binter dengan MJ 38 and PJ 98 itu boroos bgt. Busi jd item dan basah. Trus ane iseng tutup itu lobang oli di karbu PWK, nah tiba2 asap item dari knalpot – akibat pembakaran kurang smpurna itu- jadi lebih tipis, lalu rpm tiba2 naik sendiri pertanda anginnya kebanyakan. Iseng ane tutup pelan2 tuh lobang angin di bibir venturi pake jari dan lsg turun rpmnya trus langsam.

    Naah selama ini bro Okcy pake karbu PWK itu ditutup nggak lubang olinya? Kalau dari tanda2 motor ane itu kira-kira pake kombinasi PJ n MJ brapa ya?
    Spek motor ane Binter Merzy 200cc Boring standar, CDI BRT (shogun 125) dual band, koil standar, busi standar, knalpot chambered free flow, PJ 38, MJ 98, jarum skep posisi paling atas(paling irit).

    Thank You Bro!

    29/09/2011 pukul 23:19

    • Halo mas Dukie,

      Beberapa karbu keluaran Keihin yang saya tahu memang buat mesin 2 tak. Seri PWK salah satu diantaranya. Dan memang ketika kita pasang di motor 4 tak semestinya lobang oli yang dimaksud harus ditutup (Dekat intake).

      Untuk jetingnya, mulai ambil patokan dari yang sekarang tertancap di karbunya aja, bro. Dari situ kita lihat lagi gejalanya. Saya tidak bisa kasih saran atau berbagi jet mana yang paling patut sekarang walau dengan spek yang bro kasih. Keterbatasan pengalaman saya pasti menjadi kendalanya.

      Tapi dari sini kita bisa lihat banyak hal untuk mencari idealnya spuyer. Sederhananya lihat warna busi, gejala pada tiap putaran (Bawah, tengah & atas) mesin, dll. Maaf gak bisa bantu banyak mas. Mungkin teman teman yang lain disini bisa bantu?

      Happy jetting..

      30/09/2011 pukul 01:09

  70. dukie

    Halo bro Ocky thank you penjelasannya.. Nah kmaren setelah ane tutup tuh lobang oli dan iseng ane bliin karburator kit punya tiger, trus ganti tu MJ n PJnya (awalnya PJ38-MJ98) tapi akibatnya boros n blebek! Penasaran ahirnya ane ganti tu MJ pake pny MJ GLPro lama, turunin klip jarum skep di tengah2 (tadinya posisi klip di paling atas alias paling irit) dan setelan angin 1 1/2 putaran.

    Nah setingan ini lumayan enak respon bawahnya asik, nafas gigi 1-4 panjang responsif dan langsam. Lalu malemnya ane lsg tes turing Jkt-Purwakarta. Ane bejeg tu di pantura asik pisan..cumaa kalo lg ngebut trs grip gas dilepas RPM lsg naik tinggi lalu turun pelan2. Pas pindah dari gigi 4-5 dan bukaan grip gas 1/2, RPM gak mau naik mlh turun. Tp begeto di turunin grip gasnya ke 1/4 naek lg tp mentok spt di RPM wkt di gigi 4! Dengan kata lain motor gak mau lbh kenceng lg, nahan gt spt gejala kurang bensin.

    Pulang dr turing ane cek busi dan kondisinya coklat di tengah tapi item tipis di pinggir bibir busi dan di atas elektrodanya. Nah gimana menurut Bro Ocky, kl feeling ane sih kok sptnya MJ minta dinaikin lagi ya? masalahnya adalah itu MJ pny karbu GLPro lokal jd gak ada nomer ukurannya, kira2 brader ada yg tau ukuran standar MJ GLpro lama? Trus ukuran MJ-PJ tiger tu brapa yak?ane bli kit nih jd susah gak tau ukuran hehehe..maklum msh ngetes mode on, tar kalo dah dpt mo diganti ori keihin semua ehehe

    Penasaran nih nyeting ni karbu, dah tinggal dikiiiit lagi diseting biar enak gigi atasnya… :D

    Cheers!

    02/10/2011 pukul 11:40

    • Bro Dukie,

      Sebaiknya untuk masalah jetting, pinjem dulu ori jets punya teman dan coba-coba dari situ. Menggunakan jets bukan ori untuk trial dan error saya pikir akan kurang presisinya ketika kita pakai yang ori keihin dengan ukuran yg sama pun..

      Cheers,

      10/10/2011 pukul 10:59

  71. bowo

    bro numpang tanya donk beli spuyer pwk 28 tempatnya dimana ya sama berapaan harganya?
    oia satu lagi, bisa subtitusi pake spuyer motor apa ya buat nyetting pwk 28 kalo ada?
    soalnya ada niatan buat beli pwk 28 buat cessy tapi bingung spuyernya..thanks..

    04/10/2011 pukul 20:04

  72. apen

    hi Ocky ..

    aneh nih pwk28 sudco di pio…. :(

    penyakitnya cuma 1 di rpm 3000-4000 turunya lambat bgt…. pernah kejadian rpm ga mau turun dari rpm 4000, kecuali di rem, tuh motor nyelonong mulu.. puteran bawahnya juga blebek

    kejadian ini terjadi kalo motor udah jalan agak lama/panas.. turun lambat + puteran bawah blebek = 1 paket

    kalo pagi2 semua mah normal aja…. di rpm 4k mau turun, bawah ga blebek

    ane kira masalah di needle jet yg keborosan, ampe beli needle kode JJK (diameternya agak gemuk)… ternyata kurang begitu ngaruh … melayang dah 200rb …

    bongkar2 google, katenya ada jarum kode N68J utk 4 tak? bener ga tuh

    ampe pake google translate utk terjemahin info link ini :

    http://scootrs.com/tech.cfm?tip=tunecarb#e

    http://www.sudco.com/Carburetor/SudcoKeihinCatalog.pdf

    tapi masi blom ketemu obatnya, ampe kepikiran di jual lage aja dahhh….

    @bowo
    spuyer pwk28 sama ama spuyer tiger
    kalo main jetnya khusus pwk, soal tempatnya cari aja di bengkel2 gede, byk kok

    09/10/2011 pukul 19:38

  73. Halo om,

    Kondisi terakhir ini dengan spuyer (38/110) terakhir kemarin ya? Lalu bagaimana kondisi cuaca saat tiap gejala yg dijelaskan diatas terjadi. Semakin canggih dan presisi (Karbu) pengabutan, semakin sensitif terhadap perubahan suhu / cuaca. Bahkan perbedaan siang dan malam pun mempengaruhi presisi jetting.

    Lalu, seperti yang link diatas katakan, apakah head dan blok (kondisi mesin) tidak ada masalah? (Bocor siting klep dll.)

    Btw ventury karbu std pio brp ya?

    10/10/2011 pukul 11:12

  74. dwi

    bro kalau buat scorpio PJ , MJ nya pake yang berapa infonya dong

    thamk

    11/10/2011 pukul 17:08

  75. apen

    allo Ocky ..

    karbu ori pio, kalo menurut spec yamaha BS30 …. tapi byk saran pake karbu 28mm … cuaca sekarang lage musim kemarau, ga pernah di bawa dlm kondisi ujan …. malem udah masuk kandang ^^ …

    kalo hasil pencarian di google, byk jg yg mengalami masalah yg sama, tapi jrg yg melapor kalo masalahnya dah beres…

    udah 4 hari sejak di seting terakhir, agak makin parah penyakitnya, selain lambat turun malah rpmnya naek sendiri kalo kopling di tarik (kondisi free)..

    kondisi busi, nah ini yg saya bingung, pinggir2nya rada item, di tengahnya ada coklat tapi ada bagian yg putih2 kaya jamuran, trus kering …. motor ga nembak, pagi2 kalo di nyalain ok bgt, ga susah/brebet… yah itu kumat penyakitnya kalo dah jalan 5km++

    motor masi standart ting2, baru tes karbu aja udah puyeng…

    @dwi
    wah motornya Pio jg nih, pwknya sudco? kalo saya PJ38 + MJ110 + clip skep di tengah (#3) … ngomong2 ada masalah gak soal rpm telat turun/malah naek lage?

    thx

    12/10/2011 pukul 17:43

    • dwi

      iya mas apen Kemarin saya dah ganti pj 38 ma mj 108 tapi masih brebet dikit bgt mas
      kira 2 apnya ya mas supaya ilang tu brebet .

      mas apen tinggal dimn ya ? kalau bleh tau

      01/11/2011 pukul 11:57

  76. apen

    oh iya…

    soal konsumsi bbm …. saya isi premium 50.000 dapet 11liter++… dapet 340km …. 1 liter = 30km++ wah irit jg yah pake pwk28 sudco. hehehe. ga jauh beda ama BS30 yg vakum

    12/10/2011 pukul 18:03

  77. apen

    pesenan PE28 kw1 Thailand seharga 315rb + 12 ongkir dah sampe rumah, jajal deh …. skep PE lebih gede, berat, pernya jg keras, terasa tarikan gasnya jg berat.. ternyata langsung ok di bawa jalan, ga perlu di seting lage :D

    sebenernya sih agak kecewa di tarikan bawahnya, hahahahaha… iyah kalo di bandingin ama PWK28 sudco mah jauhhhhhhh…

    karna ga puas, ga pake lama jeroan sudconya pindahin ke PE28, PJ38+MJ110 jg ikut pindah, clip di tengah… gas kalo di bejek spontan malah mati, pindahin clip ke atas #2 dari atas, malah ga bisa di gas…. rada aneh jg, kirain banjir.. pindahin clip #2 dari bawah, baru deh enak dibawa… jajal 35km…. lancarrrrrrr… tarikan tengahnya enak uiii… cocok di bawa sante…. rpm lambat turun ato naek sendiri ilang… puas deh… PE rasa sudco ^^

    13/10/2011 pukul 18:19

  78. Anonymous

    Numpang ikutan belajar sama bro Ocky :)

    13/10/2011 pukul 23:18

  79. Anonymous

    Om mau tanya kl putaran stationer pwk 28 sudco rusak ada gantinya ga ya?

    17/10/2011 pukul 22:06

  80. Joko

    Om mau tanya, saya pake pwk 28 sudco d fu, kl d gas mendadak brebet di rpm 7rban, tp kl di gas terus brebet ilang d rpm 8rb ke atas dan tenaga msh mau ngisi, tp misal buka gas nya d urut dr bawah gak ada brebet…skrg posisi motor pake knalpot standart pipa tsukigi n brt dualband power max…pj 40 mj 120, untuk ngatasi brebetnya perlu penyesuaiaan apa ya??

    17/10/2011 pukul 23:09

    • Idenya jetting ya coba2, bro.. kemungkinan kebasahan atau kekeringan di putaran tengah. Coba naik turunkan spuyernya lagi. Naik/turunkan jarum skep atau bisa juga dengan seting pasokan udara dulu..

      19/10/2011 pukul 09:49

    • Anonymous

      Coba mj nya diturunin jd 118

      23/09/2014 pukul 17:53

  81. bintangsena

    Suhu suhu, ane nubih mau nanya

    Kalo fu ganti pake pe28 ori honda apa apanya aja yang musti diganti ?
    Kay Kran bensin, kabel gas, apanya lagi yang musti diganti ?
    Jetting sama setting buat harian yang irit gimana?

    Mohin pencerahannya ya :o
    Makasi :)

    19/10/2011 pukul 09:05

  82. Iya itu aja sudah cukup.. Tinggal trial & error jetting sesuai permintaan mesin, bro..

    19/10/2011 pukul 09:40

    • bintangsena

      Oke deh om, nanti kalo ada perkembangan ane share lagi deh :D
      Makasi banyak ya :D

      20/10/2011 pukul 12:49

  83. dwi

    ooom pen kasih info pio nya yaaawww heheheh

    01/11/2011 pukul 13:01

    • apen

      allow dwi…

      pio ane tahun 2011 masi standart ting2, cuman karbunya aja PE28 kw1 thailand pake jeroan pwk28 sudco… udah jalan 2 minggu, ga ada masalah, PJ38 + MJ110 + clip #1 dari bawah… kalo udaranya dingin, kumat tuh penyakit rpm lambat turun…

      masi penasaran ama pwk28 sudconya, kata org bengkel seting pengapian mungkin bisa jalan dgn baik, sekarang lage nyari CDI yg cocok sama pesen knalpot abbys…

      nanti kalo CDI + knalpotnya dah nempel, saya kasi tau lage apa yg terjadi… hehehehehe

      saya domisili di serpong utara, pd. jagung timur

      04/11/2011 pukul 15:44

  84. johan

    om, mau tanya. saya pakai pwk 28 japan uk 38/120, rpm sering ngantung di 2500-3000. kenapa ya?

    03/11/2011 pukul 08:29

    • apen

      saya malah ngegantung di rpm4000… ga mau turun

      05/11/2011 pukul 18:51

    • Kalau jet segitu udah paling enak, sudah coba utak-atik pengapian om..? Atau kalau pake cdi yg bisa diatur timing nya, coba utak atik di rpm itu. Smoga membantu..

      07/11/2011 pukul 09:45

  85. Leo

    Bro
    ane kn pake pe28 T bro
    cdi tdinya pake rextor trs gnti stndar
    trus gnti knalpot k stndar lgi
    tpi kq gag mw langsam ya ??
    Trus bnsin bros bgt
    pj mj nya rojokan smwa bro ???
    Bsa bntu ga bro?

    04/11/2011 pukul 07:54

    • Atur ulang pelampung di bak dulu, bro.. Setelah itu jeting lagi, kemungkinan terlalu basah. Dan sebaiknya jangan pake rojokan karena kita buta mau naikin apa turunin seberapa tanpa ukuran jet, bro..

      07/11/2011 pukul 09:50

  86. leo

    oke broo

    kebasahan
    ane pake pj 40 mj 118

    pake pj 38 aja apa broo ??

    trus qlo setting pelampung nya gmna ya broo ??
    ane neuby bro
    heheh
    trus anginnya pteran k brapa ya bro ??
    mhon pnjlasan na ya bro :D

    08/11/2011 pukul 08:05

  87. dwi

    terima kasih bang apen bang pj 38 ma mj 110 dah dipasang kok kadang2 masih keluar asep item ya kira kira setingan apanya lagi tuhh .

    oke bang tar kabar2 kalau dah ketmu CDI and Knalpotnya

    09/11/2011 pukul 09:27

    • Anonymous

      oh iya, jarum yg saya pake berukuran JJK [lebih gemuk], bukan JJH [aslinya pwk28 sudco].. kalo dwi pake JJH coba clipnya di geser ke #2 dari bawah..

      09/11/2011 pukul 16:38

  88. saraP150

    bung ocky, ane dtawarin karbu keihin PE28 KW super seharga 300rb tuh wajar gag pasarannya??
    mirip sama yg asli, ada kodenya pe jg,,
    trus ktanya sih jarum skepnya gag bs dsetel
    mohon petuahnya.. thx

    09/11/2011 pukul 23:33

  89. dwi

    okeyy Anonymous antar informasinya

    makasih ya

    10/11/2011 pukul 13:32

  90. turki

    pak. .pj j/mj pe 28 thailand tuk mtr fu ukuranya brapa ya …./mtr mash stdandar

    14/11/2011 pukul 00:01

  91. hy bro…..,da yg mw jual cdi no limit seken gk /a lg pengen cdi no limit nih…..

    14/11/2011 pukul 00:06

  92. protech

    ada yang jual needle jet pwk28??…kalo ada tolong info nya yach..thanks

    22/11/2011 pukul 16:44

  93. fu

    misi gan, nubih mw tanya nih

    rencana mw gnti karbu standar ke pwl26, nah prtnyaan’nya, kabel gas’nya diganti pake kabel gas apa yah?? kalo bs sih yg pnp, denger” pake kabel gas shogun bs yah?? mohon kuliahnya.., hehe. :D

    oia, motor’q fu bro

    24/11/2011 pukul 15:11

  94. Anonymous

    Gan numpang tanya, kl putaran stationer keihin pwk 28 sudco yg plastik warna item rusak gantinya beli dmn ya? Bisa d ganti punya karbu apa?

    Makasih gan…

    25/11/2011 pukul 20:16

  95. apen

    nunggu knalpotnya lama bgt….. ampe 3 minggu …. tapi akhirnya tuh knalpot abbys untuk Scorpio dah sampe….

    pasang dah… agak berisik euyy… ^^

    pasang pwk28 sudco na ..

    nyusssssssssss…… akhirnya lancar jaya… udah di bawa 10km++ ga ada masalah…

    tarikannya serem euyyy… ampe temen keracunan ^^

    04/12/2011 pukul 20:46

    • apen

      udah jalan 2 hari ga ada masalah… hari ke3 muncul, rpm lambat turun …. hadooooo

      06/12/2011 pukul 21:43

      • apen

        byk saran yg masuk : salah satunya isi pertamax ++, kedua turunin MJ na.. ukuran MJ sekarang 105 tapi pas rpm8000, tenaga ngedrop, kayanya banjir… yg jadi masalah susah cari MJ di bawah ukuran 105… hadooooo

        setelah bensin isi pertamax merahhh, masalah rpm lambat turun hilang….

        09/12/2011 pukul 20:33

  96. Anonymous

    gan mau nanya nie… klo mau beli stelan anginnya pwk dmn yy hrngny brp nie gan..??

    15/12/2011 pukul 22:53

  97. alphin

    @apen

    Untuk MJ di bawah 105 banyak bang apen harga 40 rb ( daytona ) MJ nya sama persis dengan punya PE 24 mm

    22/12/2011 pukul 14:39

  98. dwi

    kok mj nya diturunin lagi bang apen mang pake knalpot apa se bang ?
    kalo motor ane malah keluar asep item lagi bang kmaren2 se ngak ad masalah setelah kra2 2 mggu kok keluar lagi ya ? punya solusi ga bang apen dan yang lain

    23/12/2011 pukul 13:27

    • apen

      @alphin
      PE24/28 Main Jetnya sama, sedangkan PWK28 versi sudco beda.. mungkin maksud alphin, derat ulirnya sama jadi bisa masuk ya? sedangkan ukuran lobangnya sama ya? boleh dicoba utk experimen ^^

      @dwi
      eh ada yg salah deng, ternyata MJ yg terpasang 110 ^^ …. yg di ganti cuma knalpot aja.. lebih agak mendingan sih… ternyata bensin jg ngaruh, saya isi premium gasnya masi terasa ngegantung, pertamax biru jg masih, kalo pertamax merah lebih agak mending dah… emang enak pake pwk28 sudco, denyutnya itu looooo kaya motor 2 tak ^^

      kalo asep item kluar yah ituuuu, agak kebasahan… busi ane jg item.. coba clipnya di geser ke arah atas (lean) ato ada beberapa item lage sih yg perlu di coba :

      1. YEIS : katanya utk tarikan atas makin yahud, dan jg minta naek MJ, kalo gitu ane ga perlu turunin MJ, tinggal pasang YEIS, tapi brgnya lom sampe

      2. Koil Scorpio lawas kode 5BP : lage di pesen, tapi brgnya jg lom sampe, menurut kabar gosip, outputnya lebih bagus, di puteran tengah dan jg katanya minta naek MJ

      link bermanfaat utk user Scorpio :

      http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3422871

      24/12/2011 pukul 23:25

      • alphin

        @ Apen
        Bang Untuk MJ yang sama hanya punya PE 24 ( sama persis ) untuk PE 28 tidak sama ,untuk PJ bisa pakai punya GL Pro / Tiger / Ninja,saya juga pengguna PWK 28 sudco,tks

        04/01/2012 pukul 07:29

  99. dwi

    bang apen clip ane sekarang di pasang dari atas no 2 ap perlu dinaikin lagi ke yang pling atass

    26/12/2011 pukul 11:12

    • apen

      dwi jg pake pwk28 sudco ya?

      Asep item kluar pas idle ato di puteran atas? kalo kluar asep item saat idle, setelan gasnya di kecilin, trus anginnya di tambah…

      gw jg bingung nih ama karbu, tadi pasang koil 5BP sama MJ 105, hasilnya nembak2 di puteran atas rpm >8000 saat gas di lepas + asep item… hadooooooo

      tapi akhirnya asep item tetep ada di puteran atas , udah gak ngegantung, gak nembak… musti di jajal dulu 30km, takutnya kumat kalo dah panas…

      clip : #2 dari atas
      jarum : JJK
      slow jet : 38
      Main jet : 105

      27/12/2011 pukul 17:53

  100. dwi

    oke bang apen mang kudu ganti koil juga yahhh
    makasih atas infonya

    30/12/2011 pukul 10:22

  101. dwi

    iya bang aku pake sudco pwk 28 jga

    30/12/2011 pukul 10:24

    • apen

      om dwi… ada nomor telp?

      udah tes pake jarum GL Pro? sama panjangnya, cuma agak gemukan…. tapiii masi enakan JJH ^^ walo masi suka ngegantung….

      akhirnya setingan ane standartin lage…

      jarum : JJH
      Pilot : 38
      MJ : 120
      clip : #2 dari atas
      bensin : pertamax biru
      jarak tempuh : 100rb pertamax = 30 – 33km

      kayanya udah cukup utak atik pwk28 sudco, cape uiii………

      14/01/2012 pukul 20:12

      • apen

        jarak tempuh : 100rb pertamax = 300 – 330km

        14/01/2012 pukul 20:13

  102. cucune si mbah

    thanks buat bagi2 ilmunya
    beda PWK-28 Japan & PWK-28 Sudco ciri2 fisiknya apa ya & tempat dusnya?
    Fotonya mirip
    ane pernah liat ada dus mikuni biru n sudco merah sama2 28
    masi awam nih?

    10/01/2012 pukul 14:44

  103. fastout

    permisi suhu ane minta tolong dong, motor ane jupi mx, ane pake Koso 28 pj 35 mj 105, jarum skep type D klip paling atas, stelan angin 2 puteran and open filter, nah permasalahannya :
    dari 0-100kmh tarikan enak banget, tapi kalo udah diatas 100kmh cuma berebet doang ga mau naik, itu kenapa yah? mohon bantuannya suhu :( oh iya ane udah pake cdi brt dualband gan

    22/01/2012 pukul 13:28

  104. dwi

    oke bang apen Trims infonnya

    Nie No Telp aq 085229794553

    03/02/2012 pukul 17:13

  105. Bertnanda Sihombing

    broo udah baca nih semua review di atas.. motor ane scorpio bwt harian…baru pgn coba ganti karbu bro..tp pgn tau bocorannya dari agan2 yang udah pengalaman utak utik karbu..enakan pake apa ya ? pe28 pwk jepun/sudco + ukuran pj mj yang pas. .kalo ada refrensi bengkel jg boleh bro yg trima beres,,ane daerah jakbar meruya. thanks before. ditunggu ya bro balesannya

    23/02/2012 pukul 04:40

  106. wawan

    Mantap bro infonya, btw saya pake fu jg karbu pe 28 copotan nsr, jd pingin ganti pwk tp bingung pwk jpn apa sudco? Jingkrak2nya sama gak bro? Ato lbh jingkrak yg japan?

    24/02/2012 pukul 20:56

  107. wawan

    Ternyata beda tempat beda jetting, kemaren pake pe 28 jettingnya pj 40 mj 110, skrg nyoba pwk 28 sudco nyoba pj 40 ngempos, 42 jg msh sedikit ada gejala bensin telat trus putaran angin jg msh dibawah 1, akhirnya ketemu pj 45 baru mantap. Kalo mainjet msh nyoba 118, tp mungkin belum pas, mau nyoba 120. Tp nanti aja dah cape.

    27/02/2012 pukul 11:41

  108. nixtortion

    masbro
    bengkel yg recommend buat jetting karbu dimana ya untuk di daerah jakarta/bogor? kebetulan ane juga make pwk 28.
    mohon pencerahannya

    01/03/2012 pukul 06:08

  109. Dhan

    :: pengen bgt beli……tpi syang Fu ane msih ditahan emak…..jdi ditahan dlu.

    07/03/2012 pukul 12:49

  110. Ping-balik: [WTS] Karbu PWK 28 Ori Second (Mulus Condition)-Karbu Kuda JIngkrak | agcgoblog.info

  111. wawan

    Thank’s bro ocky, mmg mantap pwk sudco. Akhirnya jetting mj ketemunya 115. Lebih irit dan power mesin jauh lbh meningkat dibanding wkt pake pe 28.

    19/03/2012 pukul 17:48

  112. Rudi

    Om bengkelnya di mana ?, sy setting karbu Sudco PE28 di mtr FU mesin stdr ga dpt2. Mohon alamat jelas.

    21/03/2012 pukul 11:21

  113. Masalah karbu saya bongkar sendiri di rumah, gak ngebengkel. Mas Rudi daerah mana rumahnya? Kalau sekitar senayan mungkin bisa ke..

    SIAM MOTOSHOP

    Jl. Palmerah Utara No. 45A Jakarta Pusat 10270
    Telp. / Fax. : 02153652224
    E-Mail : siam.motoshop@gmail.com
    Yahoo Messenger : siam.motoshop@yahoo.com
    Windows Live Messenger : siam.motoshop@hotmail.com
    WEB : http://www.siam-motoshop.com

    Kalau daerah kali malang bisa ke..

    D2M HasilKebon.
    Jl. Kapin No.1 Kalimalang
    Pondok Kelapa. Jakarta Timur. 13450.
    Phone: 08561093007
    Web : http://www.d2m-hasilkebon.com/

    Pastinya masih banyak lagi tempat (bengkel) buat utak-atik seting karbu. Coba google yang paling dekat dengan lokasi aktifitas mas Rudi.

    Salam,

    21/03/2012 pukul 12:22

  114. fahmifu

    kayanya yang jepun cocok buat trek pendek ya mas?? itu pwk 28 KX ya??

    mau tanya juga, motor saya fu niatnya mau porting n polish..
    kalo abis PnP gitu mesti jetting lagi ga sih mas?
    karbu saya pwl 28 pj 40 mj 115..

    teus per klep apa mesti ikut diganti racing?
    cdi brt pwr max mas…

    28/03/2012 pukul 02:15

    • Di kebanyakan ubahan kecil atau besar biasanya minta jeting ulang, minimal set angin lagi, bro..

      Penggantian per klep tergantung kebutuhan pemakaian. Kalau harian semata saya pikir belum perlu.

      Salam,

      29/03/2012 pukul 11:16

  115. fahmifu

    mohon informasinya ya mas.. maklum neubie,…
    :)

    makasi mas oky :)

    28/03/2012 pukul 02:17

  116. Daniel

    Salam kenal Mas Ocky
    Saya lagi cari cari karbu yang pas buat FU saya
    pas kebetulan mampir di blog ini…
    Sekalian mau share…
    FU saya udh Bore Up jd 175 cc Stroke naik 2 mm ( naik turun 4 mm )
    ratio udh diganti 4,5,6 nya… Karbu masih STD…
    dikasih karbu std masih lumayan cuma kurang responsif…
    bingung nyari kasbu yang pas kebetulan punya stok PE 28 Daytona cuma nempel di MX
    dan males nyabutnya… Kebetulan liat mas Ocky pake PWK jd tertarik… skip…
    Kemarin beli PWK 28 Sudco… Pasang dah… Pake PJ 38 MJ 125 Clip di paling atas ( Lean ) rasanya cukup pas agak berebet diatas… Mau nanya Mas, per skep pake punya apa ya? yg aslinya lemah banget… Thx buat infonya… Keep Blogging…

    28/03/2012 pukul 07:47

    • Halo Daniel,

      Kalau definisi per skep lemah adalah lambat turunnya putaran mesin, bisa juga hanya karena jetting belum pas (MJ 125 bisa terlalu basah) atau kabel gas kurang lancar atau jalur kabel terlalu berliku.

      Menariknya ada beberapa teman yang suka putaran mesin turun tidak terlalu cepat untuk bukan gas berikutnya. Misal saat cornering..

      Oh iya, pikir saya kalau mesin di atas 150cc baiknya tidak pakai karbu venturi 26 (Standar FU Mikuni BS26), biasanya 28 ke atas tergantung cc mesin.

      29/03/2012 pukul 11:25

      • Daniel

        Lapor Mas Ocky, Hehe… Kemarin sempet borong PJ MJ abis penasaran ama karbu yg satu ini…

        sempet coba PJ 42 MJ 115 Clip Std di tengah… lumayan padat ditengahnya cuma langsam agak ngaco gara2 PJ pake 42 kebasahan kayanya… eh bener, gitu buka busi busseett… item ga karuan…

        Akhirnya barusan coba setel di PJ 38 MJ 118 hasilnya lebih enak dibanding lalu ( 42, 115 ) memang kalau pake PJ 42 buat engine brake lebih enak dan nggak nyiksa piston karna semburan bensin lebih banyak ke ruang bakar ( bener gak Mas? )

        Kemarin sempet ngeyel belom ganti karbu ( Pake BS 26 ) karna penasaran kenapa mayoritas bilang karbu BS 26 kurang responsif… sambil mempelajari perbedaan Karbu Vacum dan VM… Memang kalau buat standar menurut saya enak pake Vacum, karena aliran bensin disesuaikan kebutuhan jadi gejala ngeberebet akibat melintir gas terlalu dalam bakal terkoreksi cuma buat akslerasi kurang mumpuni…

        Tadinya mau pake PE 28 Daytona ( yg ada di MX ) untung ada blog Mas Ocky yg ngebahas soal karbu, jadi udh dapet bocoran ( karena sama2 FU ) perbandingan karbu2 VM… Trims lho Mas… oh iya, akhirnya per skep saya ambil yg punya MX + penyesuaian tentunya, jadi lebih enak melintir gas nya…
        Cuma besok2 mau nyoba setelan PJ MJ yg dipake Mas Ocky ( 40, 120 ) Hehe… thx Mas buat masukan dan infonya…

        Salam Kenal & Keep Blogging…
        GBU

        29/03/2012 pukul 17:31

  117. niko

    hoammm akhirnya beres juga baca comment”nya
    haloo mas ocky dan halo bertnanda sihombing (sepertinya kita temenan neh soalnya saya besar di taman aries)..
    haloo om saya niko dari bandung (domisili skrg) , saya pengguna cbr 150 old..
    pernah jetting pakai pe 28 copotan nsr sp jetting didapat paling maks pj 40 dan mj 120..
    pertanyaannya yg mungkin sedikit membuat saya bingung,pwk jepang dan sudco perbedaan apa saja yg terasa dalam performa?
    jika saya memakai pwk saya menggunakan pj dan mj berapakah untuk terkaan mas ocky?jika menggunakan pe 28 pj 40 dan mj 120..
    seperti mas ocky menggunakan pe 28 pj 38 mj 118 , disaat menggunakan pwk kx pj 38 mj 115 , pwk sudco pj 40 mj 120..
    mohon masukan dari mas ocky :)
    ket cbr saya :
    – koil 5bp with ground strap
    – denso 0 ohm
    – cdi CP with groud strap
    – knaldpot dbs oval stainless
    – kopling dan per koplin fcci strawberry
    mesin ayu ting” :D

    29/03/2012 pukul 00:15

    • Halo Niko,

      Presisi jetting sangat berhubungan langsung dengan penunggangnya. Sering mekanik set sedemikian rupa tapi rider tetap saja gak nyaman.

      Ukuran spuyer dengan fariasi kombinasinya memiliki rentang dengan karakter performa masing-masing.

      Nah sampai sini mestinya si penyemplak itu sendirilah yang paling tau kombinasi jet yang paling sesuai dengan karakter dia. Ada yang mau harus bisa langsam saat di lampu merah, ada yang tidak perlu langsam. Belum lagi pengguna harian yang masih memikirkan boros atau iritnya tunggangan, hehe..

      Happy jetting,

      29/03/2012 pukul 11:31

      • niko

        ouhh bukan bergantung pd afr.nya yh om?

        29/03/2012 pukul 23:51

    • bertnanda_sihombing

      Iya gw tinggal di aries jg,niko mana ni y? Haha..gmn gan udah ada yg pernah colok sudco ato jepun ke scorpio pgn tau pj mj yg pas ukuran brp y

      29/03/2012 pukul 11:48

      • niko

        087821531166 , serius gw masih penasaran neh sm lu.. lupa” inget soalnya..
        gw dulu suka dipanggil tamiya atau pantat..

        02/04/2012 pukul 14:30

  118. nuteyha

    Hallo Mas Ocky,

    Mohon infonya donk brother semuannya…
    kalau beli “per Skep” Pwk28 Sudco dimana yah? kayaknya yang gw dah mulai lemah nih
    tks brother…

    16/04/2012 pukul 23:05

  119. rr150se

    gan kalo pwk 28 sudco di ninja rr full standart pabrik blum di ganti apa2, bnsin pertamax. Cocok nya pake spuyer ukuran brapa gan? Pj mj? Masih pake airbox+filter. Thx sbelumnya gan.

    09/05/2012 pukul 19:37

  120. Numpang curhat om.bgni,sya pny FU pke PE28 thai.pke pj 45 mj 120 di ptaran ats ngempos.mentok d speed 115 d tarik lg g mau naek.posisi klip jarum skep pling atas,klo d turunin mlah tmbah brebet.kndisi g pke filter,prnh nyoba pke filter susah hidup nya.ad yg blng suruh gnti jarum skep pnya tiger,wktu sya ukur pnjngnya beda.mohon bantuannya om biar skt kepala sya berkurang.heheee…slm knal.

    09/05/2012 pukul 20:27

  121. Om pe28 enakny ganti skep punya apa?

    25/06/2012 pukul 22:51

  122. Anonymous

    hai…
    saya mau berbagi pengalaman soal karbu…. motor saya Scorpio..

    udah coba beberapa karbu …..
    1. PE28 kw super [harga mulai dari 250rb] …. bawahnya kurang enak, atasnya terasa dikit.. heheheh … [spuyer 38/120]
    2. PE28 pake jeroan pwk28 sudco…. bawahnya jauh lebih baik dari PE28 std [spuyer 38/120]
    3. PWK 28 sudco… harus ganti knalpot bro, bawahnya galak bgt, cocok buat daerah pegunungan… utk jalan rata kurang bagus, jauh lebih bagus PE reameran
    4. PE28 kw super reamer 32…. mantappp dah ini karbu utk jalan rata, yg suka maen rpm tengah~atas cocok dah…
    5. TM33 [tmr33] tenaga bawah tengah atas rata

    utk karbu pwk ada beberapa hal yg diperhatikan karna rpm suka lambat turun :
    1. knalpot free flow
    2. pertamax merah ato campur premium+pertamax merah [50-50]
    3. tali gas ganti yg baru + kasi oli [jgn kemasukan aer, harus di maintenace berkala, krn kalo ujan gas ngegantungnya makin parah].. tali gas murah bro, ga semahal spuyer pwk
    4. per skep di akalin supaya agak keras…
    5. serpis karbu mending sendiri aja, kecuali ketemu montir spesialis…

    overall…. saya lebih suka tmr33 ^.^

    kondisi mesin std, knalpot aja ganti yg free flow, semua karbu bisa langsam kaya aslinya, tergantung montir aja, jgn ampe salah otopsi [bisa cepet tuaaaa]

    thx

    26/06/2012 pukul 22:09

  123. Ping-balik: <NEW> KARBU KEIHIN PWK 28 KX : tarikan makin JOSSS - Ceriwis - Indonesian Community

  124. Anonymous

    pwk di pasang satria fu bisa langsam apa kagak bos?

    06/07/2012 pukul 20:49

  125. biai PK

    bos mana bagusan karbu pwk 28 sudco atau pe 28 sudco bos..
    rencana nih karbu buat satria fu ane..
    nih spek nya bos..
    seher 68mm
    naik stroke 6mm(tanpa paking alumunium)
    klep 25in 22ex
    kem custom
    per klep jepang
    cdi brt neodualband
    koil suzuki rm
    sementara inih ane pakai pe 28 thai..
    thanks

    09/07/2012 pukul 14:49

  126. Irfan DeathCore

    makasi dab, sangat membantu saya yg lg ngembat karbu koso28..!! tp untuk MJ n PJna koso 28 ama PWK28 tow sama ga yaa..??

    15/07/2012 pukul 18:33

  127. anes

    Rekan2 sekalian saya mw curhat neh…saya pakai koso 28 pwk mj 105 pj 35 untuk fu tapi setingan masih basah sudah diseting kesana kemari ama mekanik tapi ga ketemu juga ..putaran bwh nya ngookk ga bisa di bwa slow..tapi putaran atasnya mantap…jarum nya udh paling kering…mohon solusi nya udh hampir botak mikirinnya neh

    17/07/2012 pukul 10:55

  128. I

    Mas ocky…help me…he..e sy punya Keihin PE 28 ori Thai, beli di var 53 ne..ama filter koso 28 mm, na tp pas mau pasang ke Satria F150 bingung ne..kabel gas apa yang cocok..katanya punya shogun 125 bs y? mohon pencerahan mas..nubi neh…klo bs yang tinggal pnp aj..cz klo pake gas spontan jg, ktnya g bs pk electric stater lg..hee..e..klo ada yang tau bs email k Priestmay@gmail.com y…trims..

    19/07/2012 pukul 11:36

    • Bisa pake punya shogun atau pake bawaannya tapi potong nipel dan bikin nipel misalnya pake benang dan lem besi. Sesuaikan panjang kabel dulu, baru potong..

      01/08/2013 pukul 00:03

  129. saya pake motor satria fu orsinillan ,
    pengen ganti karbu
    , lebih baik pake karbu PE28 atau PWK 28 ??…

    20/07/2012 pukul 09:19

  130. Anonymous

    pengen beli pwk 28 sudco di jkt di mana ya ??

    17/11/2012 pukul 00:31

  131. Gan untuk koso’nya setingan sepuyer brp ? Fast respone thanx before

    18/11/2012 pukul 03:24

  132. ada yang mw jual pwk 28 gak agan2

    21/11/2012 pukul 00:52

  133. Gan buat pwk 28 minta settingan sepuyer sama gear nya dong,,thanx before

    27/11/2012 pukul 08:00

    • Setingan gak bisa diminta mas, dihitung, dicoba dan disesuaikan spek..

      01/08/2013 pukul 00:06

  134. poetra

    Sory telat gan ,,,nanya tu filter kok bs d pasang gmn caranya ?aq pke pwk jg seting blm ktmu n galau mikir tu filter gmn caranya spy ttp bs d pasang

    01/12/2012 pukul 23:11

    • Filter KNN ukuran yg pas bisa dengan mudah terpasang, gan.. Klo filter stock harus permak dikit leher intake karet yang dari box filternya. Selamat jeting gaaan..

      02/12/2012 pukul 13:56

  135. Dimousse

    Bro. Ane rencana pasang pwk sudco di fu ane. Udah ganti brt dualband TR. jetting 40 120 cocok gak yah? Knalpot masih std soalnya. Pj mj bawaan sudco brp yah? Kabel gas yang cocok apa yah? Shogun kah? Sayang kalo ptg punya std… Mohon pencerahan bro

    05/12/2012 pukul 08:38

    • Untuk jetingnya dicoba aja dan disesuaikan lagi.. Kabel gas shogun bisa mas, tapi sayang kabel gas std kenapa ya? Hehe

      01/08/2013 pukul 00:09

  136. okka

    bang,,beli sudco yg asli dmn bang…
    ane minta rujukan donk…

    08/12/2012 pukul 22:58

  137. Gan katanya banyak yang bilang PWK 28 Sudco susah banget langsamnya (gak stabil) bener gak tuh gan?

    14/12/2012 pukul 21:24

    • Pengalaman saya sebaliknya, gan..

      21/12/2012 pukul 20:35

      • halo mas bro… aq mw numpang tanya….. ane mw ganti pake PE 28 sudco di fu ane tp fu masih standar ting ting… pengen x buat harian aja hanya mw ganti karbu aja.
        pertanyaan saya….
        1. kabel gas x diganti pake apa bro?? iar tampilan standar x ga hilang…
        2. ukuran pj/mj ukuran brapa?
        3. brapa % performa fu standar naik? kalo hanya ganti karbu???

        04/05/2013 pukul 16:35

  138. Botex

    bro…
    karbu PWK nya pada pake Main jet yang model panjang kan ya…

    21/12/2012 pukul 15:54

  139. Gan cara setting langsam/ idle itu gimana ya? Ane udah pasang PWK 28 Sudco :D

    Sama fungsi Starter Valve Comp itu apa ya?
    Gambar: http://www.sudco.com/Diagrams323728/exppwk28.gif

    22/12/2012 pukul 08:27

  140. Stel kabel gas sampai skep karbu mentok tertutup penuh. Lalu dari sini dengan mesin menyala, sesuaikan setelan gas dan setelan angin. Ikuti petunjuk masing2 bawaan motor untuk RPM langsam yg ideal. Biasanya buat harian di RPM 1300 kurang lebih.

    Fungsi starter valve untuk membantu campuran udara dan bensin pada saat kala pertama kita start motor, atau saat mesin dingin. Dengan jeting yg sesuai biasanya tidak diperlukan karena campuran sudah pas atau di atur sedikit lebih basah untuk mempermudah start..

    22/12/2012 pukul 18:47

  141. ageng

    Mas bro minta bantuannya neh…ane pasang PWK 28 sudco yg black edition di thundie ane…seher udh naik jd 62mm,CDI racing cheetah,mj 100 pj37 atas bawah masih brebet kira2 ada masukan dr mas bro ga neh??mohon dibantu setingan yg cocok sekiranya,hhe

    30/12/2012 pukul 17:12

    • Mohon ampun baru balas.. Mj mungkin terlalu kecil ya mas, atau bisa cek brebet karena cdi mungkin?

      01/08/2013 pukul 00:22

  142. Dian

    untuk pemakain harian dan semua part masih dalam keadaan standar, kira kira PJ MJ ukuran berapa om jika memakai PWK Sudco buat FU, tolong sebutin aja rentannya. nanti tak coba jetting satu satu.

    untuk sekarang om sendiri make ukuran berapa ??

    thanks om.

    06/01/2013 pukul 09:29

  143. Budi Herryanto

    mas ocky, klo dihitung pakai (%) seberapa beda performance pwk jepang vs sudco? soalnya harga lumayan beda jauh .. biar ga salah pilih mas. trims.

    11/01/2013 pukul 15:13

    • Halo mas Budy, untuk persentase saya gak ada data maupun alat ukurnya. Tapi kalau dari karakter lebih galak yang non sudco. Tinggal pastikan karakter yg paling cocok buat si pengendara aja. Contoh kalau saya yg cuma harian saya pilih yang Sudco, hehe..

      01/08/2013 pukul 00:19

  144. si unyil

    jd pngin beli tu jepun, tp kpan yeaaa….

    03/02/2013 pukul 15:22

  145. Ini untuk spek mesin standar gan ?

    10/02/2013 pukul 14:14

    • andi, mkssr

      pwk 28 sudco bisa gk dpsg di sogun rr?, ok mksh bos.

      06/03/2013 pukul 22:09

  146. halo mas2 bro… aq mw numpang tanya….. ane mw ganti pake PE 28 sudco di fu ane tp fu masih standar ting ting… pengen x buat harian aja hanya mw ganti karbu aja.
    pertanyaan saya….
    1. kabel gas x diganti pake apa bro?? iar tampilan standar x ga hilang…
    2. ukuran pj/mj ukuran brapa?
    3. brapa % performa fu standar naik? kalo hanya ganti karbu???
    4.

    04/05/2013 pukul 16:15

  147. punten yah bos saya jadi ngerecokin post lain._.
    fu saya masih standar, speknya karbu koso 28, open filter (karena mekanik beranggapan kalo dipasang filter bisa tambah parah), sama gas spontan, apa betul setingnya 35/105 ya? tadi mekanik udah coba di 35/108 tetep bilang kekeringan malah divonis karbunya jelek, gimana nih?

    31/07/2013 pukul 23:47

  148. Iya gak apa kok mas.. Hehe
    Yang paling penting adalah mengerti bahwa yang pake motor itu kita, bukan mekaniknya. Jadi tiap setingan sebaiknya dicoba sama si penyemplak sendiri. Apa beda sebelum penggantian ato sesudah jeting. Nanti akan terasa kalu terlalu kering atau tidak.. Bantu juga nanti dengan membaca warna busi.

    01/08/2013 pukul 00:14

    • saya rencana pagi ini mau nyeting lagi, pakai filter racing sama di open tentu ngaruh ke jetting kan? dicoba deh 35/105 mungkin tadi faktor mekaniknya yang ngerti
      woh ya sudah ganti mas saja, terima kasih mas infonya:)

      01/08/2013 pukul 00:30

  149. Di situasi saya waktu pake Koso malah jarum saya taro klip paling atas atau paling kering. Tapi sekali lagi dirasakan dan di cek busi setelah cek stel angin dan jalan secukupnya. Membaca busi motor yg baru jalan sebentar tidak sahih. Hehe.. Selamat seting, safety first!

    01/08/2013 pukul 00:36

  150. asep

    gan kabel gas nya pake apaan dan gimana masangnya?

    03/08/2013 pukul 19:10

  151. mas kalo pj/mj bisa pake punya motor apa ya? kayanya saya mau bongkar sendiri aja mekanik pada bilang susah nyetting, kemarin klip jarum asalnya di tengah saya naikin 1 step asepnya agak mendingan… terus kalo mau cek kondisi busi gimana ya?

    04/08/2013 pukul 11:55

    • Untuk spuyer coba pinjem punya temen dulu coba2. Kalau udah enak baru beli. Kondisi busi dilihat dari bentuk dan warnanya. Semakin gelap semakin kaya campuran bensin. Semakin terang semakin miskin campuran bensin atau kering. Warna merah bata paling mendekati gambaran pembakaran sempurna..

      05/08/2013 pukul 14:03

  152. sudah disetting mas, dapet di 35/100 klip jarum skep paling atas, segitu bagusnya di open tapi saya pasang filter racing asep masih keluar di rpm tinggi.. apa perlu diturunin lagi? saya belum cek busi abis belum ngerti gimana cek busi yang sahihnya…

    05/08/2013 pukul 16:45

  153. sudah saya cek busi pinggirannya hitam buletan di tengah putih, mesin cepet banget panas kenapa ya apa memang begitu mas kalo sudah ganti karbu? betis kerasa banget panas tiap berhenti.
    oiya gas harus di urut dikit kalo ngga ada ‘ngok’ di rpm awal, putaran atas belum coba, selang yang nyambung ke pair ditutup biar ga nembak katanya, emang bener sih tapi jadi ga go green kan…

    07/08/2013 pukul 03:12

  154. Mujacko

    Dear all, mohon pencerahannya.

    Apakah ada yg tahu tempat yg jual jetting kit tuk PWK28 koso ? Terutama buat main jet dan powerjet nya bila ada.

    Mohon dibantu, thank you before :)

    02/09/2013 pukul 02:48

  155. Wiro

    Mas Bro mohon pencerahaanya…motor saya cs1 standar ,cuma pipa kalpot tsukigi silincer fu, mau gati karbu pwk 28 japan
    kira2 berapa patokan awal PJ+MJ?

    terim kasih

    04/09/2013 pukul 04:40

  156. aby

    boz karbu pwk,koso yh brp duit bru aph bkas almty dmn mksh

    10/09/2013 pukul 17:55

  157. yanto

    yanto

    17/09/2013 pukul 10:50

  158. yanto

    gan msih sering ke klapa gading
    ada info yg mau jual karbu gak.tks

    17/09/2013 pukul 10:54

    • Udah ga di gading, gan.. Banyak di internet gan kalau karbu

      28/09/2013 pukul 07:11

  159. adon

    om ocky…enakan mana kran vakum sama kran manual di pe28 ?

    27/09/2013 pukul 20:27

    • Halo om Adon, enakan pakai kran manual kalau dari pengalaman saya.

      28/09/2013 pukul 06:57

  160. adon

    owh gitu ya om..brarti tiap motor stop kran harus ditutup jg kan om ? hehee
    makasih infonya ya omm Ocky :)

    29/09/2013 pukul 21:19

    • Tiap motor stop tidak harus tutup kran bensin, ini disebabkan karbu ada sistem pelampung yang menghentikan kucuran bensin ke bak karbu kalau bak sudah penuh, walau kran bensin terbuka. Makasih sama-sama yaa..

      29/09/2013 pukul 21:27

  161. Anonymous

    bro….kelemahan pwk apa memang dari skep nya yang mudah oblak kalo dipake di mesin 4 tak??
    perbandingan kompresi 1:12….

    saya urut mulai mj 125 sampe 135

    125 keiritan
    128 tetep
    130 masi ada gejala ngok
    132 lumayan masi ada ngok,,,busi juga sedikit hitam
    135 enak dan asik tapi busi hitam

    kenapa tuh ya???

    09/10/2013 pukul 13:30

  162. aq punya karbu pro seriz,trikkannya atasnya jga lbih panjang bro

    15/10/2013 pukul 16:55

  163. amril

    Bro..sy mw tnya ttng karbu tdr 28 jpn..sy sdh pke pj35 mj95 klip jarum pling ats..tpi msih brebet d rpm 5000,trus asap hitam msih kluar..motrq fu 150 standart, cm pke coil tdr.sm busi tdr,..minta solusinya bro..spy ni krbu pas setinganya..

    17/10/2013 pukul 23:13

  164. Mantab om…mau nanya skalian, ane punya pio, pake karbu PWK ori Japan..ane pake PJ38\MP105 ko stelan anginnya lama turunya..cocoknya pake jeroan ukuran berapa ya? Thx..

    25/10/2013 pukul 10:48

  165. Yang saya alami, terlalu basah telat turun, terlalu kering juga telat turun. Sama seperti ada brebet karena terlalu basah dan ada brebet karena terlalu kering.

    Jadi idenya jeting ya coba salah coba lagi.. :)

    29/10/2013 pukul 01:04

  166. mas? ane pake PWK28 Sudco ne,, pke 40/120 kya mas posting! tp mas knapa yak langsam enak dapet tp jlan di atas 100km/h belebed mas sperti gk bisa naik lg rpm’y ttep aja segitu kalo dbwa narik lg ngempot tenaga’y. gmna itu mas kebesaran atau gmna???

    12/12/2013 pukul 09:59

    • Alo mas, pasang di motor apa? Mj kering bgt rpm ga mau naik, mj basah brebet atau naik lamban rpmnya.. Final gir pake berapa? Saran saya kalau semua normal, kompresi gak bocor, pengapian mumpuni dll. Coba jetting ulang aja.. Sedikit sabar dan coba lagi coba lagi. Memaksimalkan karburasi memang membutuhkan waktu. Selamat jetting..

      19/12/2013 pukul 00:20

  167. diyaz

    gan mau tanya itu pas pake pwk.. agan pake manifold ori stria atau bukan?

    18/12/2013 pukul 15:02

  168. Knpa motor ana klo di gas pul suka mati

    09/06/2014 pukul 00:56

  169. bolang

    Gan, klo mau pasang pwk 28 sudco di satria fu langsung aja kah? Atau ada modif” lagi?
    thankz before..

    26/07/2014 pukul 10:42

  170. Machette

    Pernah pake pwk kx dengan kode jarum skep NAPE di mio bore up…
    jettingnya susah, gonta-ganti PJ/MJ busi tetap hitam.
    Basah, nembak, RPM lama turun, raungan mesin kyk keselek biji duren
    Akhirnya terobati stelah ganti jarum skep JJH & nozzle sudco

    23/09/2014 pukul 14:14

  171. nakal

    Agan Ocky..
    setelah saya ganti jarum jjh, head nosel dan nosel pwk sudco..
    sebaiknya setelan klip di taruh di tingkat ke berapa, dan pj-mj nya ukuran berapa ya ?
    supaya tarikan atasnya oye..

    sementara ini ;
    motor scorpio z 2009 (knalpot, cdi dan silinder standar)
    karburator pe28 thailand (pj42, mj115, klip jarum di tingkat 4 (ke-2 dari bawah) dan air screw 1,25putaran)
    bawah galak banget, atas naiknya agak lama.
    busi agak item
    langsam naik turun di 1400-1700rpm

    -mohon masukannya gan-

    29/09/2014 pukul 10:49

    • Sepintas terlalu basah campurannya, bisa coba klip jarum pasang ditengah dulu. Lihat lagi performanya dan sesuaikan lagi satu persatu..

      01/11/2014 pukul 19:41

  172. Anonymous

    gan saya punya fu 150 dan pe 28 sudco tapi gak ngarti pasang nya… apalagi mj pj aduh buta kakap saya… trus kan fu150 ada selang isap membran sementara pe28 gak ada colokan selang ke membran.. pertanyaanya trus itu membran apa di copot yah gan..? tha

    30/10/2014 pukul 08:45

  173. andreas agung

    hallo suhu ternyata kolektor karbu neh ya, mari kita ganti ke venturi gede suhu 33 atau 35 mungkin bisa ke 38 hahahahah, saya cuman make PE28 abal2 suhu, jetting in motor saya dunk suhu kalau lagi di jakarta

    20/11/2014 pukul 12:46

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.139 pengikut lainnya.